PALAS - Penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas merupakan ajang seleksi Kafilah ke MTQ tingkat Kabupaten Padang Lawas, Sabtu (20/1/2018). Bupati H.Ali Sutan Harahap (TSO) berharap, MTQ tingkat Kecamatan ini sebagai ajang persiapan dan juga menjadi ajang seleksi tingkat kecamatan, untuk dikirim ke MTQ tingkat kabupaten yang dijadwalkan berlangsung 9-12 Ferbuari 2018, di Kecamatan Sihapas Barumun.

Bupati juga mengharapkan, pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan yang digelar itu bisa berjalan aman, lancar, tertib dan kondusif serta menghasilkan Qori dan Qoriah yang bermutu dan berkualitas.

"Sehingga nantinya bisa bersaing di tingkat kabupaten sampai Provinsi Sumut mewakili Palas, bahkan sampai tingkat nasional dan internasional," ujar Tongku Sutan Oloan(TSO).

Selain itu, Bupati juga mengajak semua pihak untuk memaknai MTQ sebagai syiar dan dakwah membumikan Alquran sebagai pegangan hidup.

"Sopan santun diabaikan, ujaran kebencian bertebaran, khususnya di ranah media sosial semakin hebat menjelang demokrasi politik," cetus Bupati dan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kearifan lokal.

Camat Sosopan, Paruhuman Harahap mengatakan, peserta yang ikut perlombaan MTQ berjumlah 383 kafilah terdiri dari 186 putra dan 197 putri dengan 13 cabang perlombaan.

"Melalui momentum MTQ ini diharapkan dapat mencetak generasi muda berkualitas yang mampu mengembangkan bakat baca Alquran dengan baik," ujarnya.

Di kesempatan itu juga, Bupati turut menyerahkan beasiswa berprestasi kepada 36 siswa mulai tingkat SD sebanyak 36 siswa, 12 siswa SMP dan 12 siswa MTs dengan total 60 siswa.

"Beasiswa ini diberikan dalam upaya mencerdaskan anak bangsa agar berkualitas dan mampu bersaing di kancah dunia pendidikan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palas, Abdul Rahim Hasibuan.

Usai penyerahaan beasiswa, dilanjutkan penyerahaan bantuan alsintan untuk 9 kelompok tani di wilayah Kecamatan Sosooan berupa 8 unit cangkul, hand sprayer sebanyak 4 unit per kelompok, mesin pertanian caltivator 3 unit, Hand Tractor 1 unit, 11.000 bibit karet dan 500 batang bibit durian