PALAS - Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada warga kurang mampu di Kecamatan Ulu Barmun, Senin (22/1/2018) di halaman Puskesmas Paringgonan. Selain kartu KIS, Bupati juga menyerahkan honor kader posyandu di setiap desa yang ada di wilayah kerja Kecamatan Barumun melingkupi 15 desa dengan kader setiap desa sebanyak 5 warga.

"Kartu KIS ini merupakan jaminan kesehatan serta untuk peningkatan kesehatan kepada warga yang kurang mampu," kata Bupati H.Ali Sutan Harahap usai membagikan KIS kepada warga penerima.

Bupati berharap, warga yang menerima KIS dapat menerima pelayanan kesehatan dengan mudah dan cepat.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Palas Hj Leli Ramayulis mengatakan, penerima KIS sebanyak 3.000 lebih. Dari jumlah tersebut, 2.650 di antaranya sudah dibagikan kepada masyarakat di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Barumun Tengah, Huristak dan Ulu Barumun.

"Penerima KIS ini kategorinya masyarakat kurang mampu. Kita telah membagikan sebanyak 2.650 KIS kepada masyarakat yang diserahkan langsung Bupati Palas TSO kepada warga yang berhak menerima KIS tersebut," ucapnya.

Ia mengingatkan, kepada RT harus berhati-hati mengeluarkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Artinya jangan dibagikan sembarangan, harus betul-betul orang yang tidak mampu. Karena, lanjut dia, pihaknya mengakomodir atau melakukan pendaftaran berdasarkan SKTM tersebut.

Selain itu, warga juga harus memahami dan mengerti jangan karena sakit baru mengurus segala sesuatunya.

"Hal ini sering kita jumpai, karena pada saat mereka berobat di rumah sakit dengan membawa SKTM, mereka diarahkan ke kita untuk mengurus KIS," ujarnya.

Ia menambahkan, yang mengeluarkan KIS tersebut berdasarkan hasil data dari Tim Nasional Percepatan penanggulangan Kemiskinan dan daerah melalui Program Sehat.