MEDAN – Sekitar 25 ribuan massa dari berbagai komunitas lintas agama, suku, ras dan golongan mengikuti Kirab Kebangsaan Taruna Merah Putih di Lapangan Merdeka Medan, Minggu pagi (21/1/2018).

Kirab kebangsaan yang dirangkai Jalan Sehat itu Diberangkatkan Walikota Medan Drs H Dzulmi Eldin bersama Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait dan Ketua TMP Kota Medan Wong Chun Sen Tarigan. Kirab dimeriahkan Marchingband Sekolah Dr Wahidin Medan.

Diawali hening cipta dan doa bersama dipimpin Sugandi Siagian SH dari Aliansi Ormas Islam. Ketua Umum Taruna Merah Putih Maruarar Sirait dalam sambutannya mengatakan, semua elemen bangsa atau semua warga negara harus mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara yang hidup.

Pancasila harus disosialiasikan kepada kader-kader bangsa, para pemuda dan pemudi yang merupakan para pemimpin masa mendatang.

Maruarar yakin, mayoritas rakyat Indonesia adalah pendukung utama Pancasila.
Namun selama ini lebih banyak di antara mereka yang memilih diam di tengah kondisi yang terlihat ada gejala yang mengancam terhadap ideologi bangsa ini. 
Kirab Kebangsaan disertai parade kebudayaan dan kesenian dari berbagai etnis Indonesia?.

Selain marchingband, Kirab juga dimeriahkan ragam kuliner nusantara serta pencabutan hadiah luckydraw berupa sepeda motor, televisi, lemari es dan berbagai hadiah menarik lainnya. Juga dihibur goyang dangdut artis Kota Medan.