Medan - Bertarung di Pilgubsu 2018, PDI Perjuangan all out alias tak tanggung-tanggung mempersiapkan kekuatannya. Tim pemenangan dan bakal calon yang diusung, keduanya sama-sama dipersiapkan sebaik mungkin.

Di Rapat Kerja Daerah Khusus DPD PDIP Sumatera Utara berturut-turut diteriakkan kebulatan tekad oleh seluruh kader partai di 33 kabupaten/kota mendukung pemenangan pasangan bakal calon Gubsu Djarot Saiful Hidayat - Sihar Sitorus. Hingga kader di tingkat ranting atau kelurahan/desa, semuanya akan bergerak serempak menggalang dukungan bagi Djarot - Sihar.

"Segera setelah kebulatan tekad ini, semua kader bergerak demi memenangkan Djarot - Sihar," kata Sekjend DPP PDIP, Hasto Kristyanto pada Rakerdasus yang dipimpin Ketua Umum DPP Megawati Soekarnoputri dan dihadiri sejumlah pengurus DPP lainnya.

Lalu untuk Sihar yang baru pertama kalinya mengikuti kontestasi perebutan jabatan kepala daerah, Hasto menyebutkan akan mengikuti sekolah kepala daerah selama beberapa hari yang diselenggarakan DPP. Sihar akan bergabung dengan para calon kepala daerah lainnya di seluruh Indonesia yang didukung PDIP.

"Mulai tanggal 29/1 hingga 1/2, Sihar akan belajar tentang bagaimana menjadi kepala daerah yang baik, sehingga bisa mengimplementasikan Trisakti sebagaimana cita-cita founding father bangsa ini yaitu Bung Karno," ujar Hasto.

Para kepala daerah aktif yang merupakan kader PDIP, seperti, Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Tri Rismaharini (Walikota Surabaya) dan sebagainya, mereka yang akan menjadi pengajar atau mentor bagi Sihar dan calon kepala daerah lainnya yang akan bertarung di Pilkada 2018. Djarot karena sudah pernah mengikuti sekolah kepala daerah, tidak lagi diikutkan sebagai peserta.

Lalu yang berikutnya adalah konsolidasi relawan. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, setidaknya terdapat 38 elemen Relawan Jokowi yang akan bergabung mendukung pemenangan Djarot - Sihar. Ditambah elemen relawan lainnya yang baru berdiri, mereka dikordinir oleh Brilian Mokhtar yang merupakan unsur pengurus DPD PDIP Sumut.

Semuanya bersatu guna memenangkan Djarot - Sihar yang akan menjadikan Sumut sebagai wilayah dengan ciri "Semua Urusan Mudah dan Transparan".