PALAS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas mengingatkan warga agar senantiasa mewaspadai kondisi cuaca saat ini. Apalagi, diperkirakan potensi tingginya entensitas hujan akan muncul di beberapa daerah, termasuk Padang Lawas. Dalam waktu sepekan ke depan, musim hujan akan melanda Pala.

"Diperkirakan sepekan ke depan hujan dengan entensitas tinggi akan turun. Untuk itu kita mengimbau, warga Palas tetap waspada," kata Kepala BPBD Palas H.M Hamka Harahap, Minggu (21/1/2018).

Imbauan ini juga berdasarkan laporan BMKG yang diteruskan ke BPBD. Tentang Potensi hujan lebat belakangan ini diperkirakan meningkat.

Ia menjelaskan, dilihat dari cuaca saat ini, tindak menentu. Di mana pagi hari cerah, tiba-tiba di sore harinya bisa mendung, berlanjut malam hujan lebat.

Diketahui, sesuai dengan siaran pers yang dikeluarkan BMKG, dari pantauan kondisi dinamika atmosfer terkini terindikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Di sekitar wilayah Indonesia dalam periode 5 hari ke depan 18-22 Januari 2018. Daerah yang terindikasi antara lain Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Selanjutnya Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua.

Dengan adanya siaran pers BMKG, kata Hamka, pihaknya mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati akan dampak peningkatan potensi hujan mulai pertengahan Januari 2018.

"Potensi banjir, longsor, genangan, banjir bandang dan pohon tumbang juga turut meningkat menjelang musim penghujan," tandasnya.