PALAS - Mengawali pembukaan MTQN ke 11 Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas, Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) secara resmi melepas konvoi peserta pawai ta'aruf ditandai dengan pengibaran bendera start dari Lapangan Merdeka Pasar Binanga berkeliling ibukota kecamatan, Rabu (17/1/2018). Peserta pawai terdiri yang terdiri dari barisan kafilah serta penampilan drum band siswa SD dan SMP, dan ibu-ibu pengajian berkeliling ibukota Kecamatan Barumun Tengah dalam rangka memeriahkan Musabaqo Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN).

Sebelum melepas peserta pawai ta'ruf, secara simbolis Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO) menyerahkan bantuan alsintan berupa mesin pompa air, benih padi, hand spayer dan cangkul kepada 13 kelompok tani.

Adapun kelompok tani penerima bantuan adalah Sari Ayu dari Desa Pangikiran Dolok, Kaki Suten Naposo dari Desa Pasar Binanga, Harapan Jaya dari Desa Siolip, Kwt Melati dari Desa Janji Raja, Makmur Soleh dari Desa Padang Matinggi dan Aek Ukka dari Desa Gunung Baringin.

Selanjutnya, kelompok tani Sinar Harapan, Mawar Putih, Maju Bersama, Satahi dari Desa Parannapa Jae, Tani Bersaudara dari Desa Siparau, Saroha dan Maduma dari Desa Tandiat.

Kadis Pertanian Palas Ir.Abdullah Nasution berharap, bantuan alsintan yang diberikan itu dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pengelolaan pertanian dan peningkatan produksi. 

Sebelumnya, Camat Barumun Tengah Markiah Hasibuan mengatakan, MTQ tingkat kecamatan Barumun Tengah ini akan dibuka secara resmi, Rabu (17/1/2018) dan turut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Sekda Arpan Nasution.

Dia berharap, antusiannya masyarakat mengikuti MTQ yang ditandai banyak peserta yang menjadi peserta dapat menjadi momentum dalam peningkatan ukhuwah islamiah di kecamatan ini.

"Kegiatan MTQN tingkat kecamatan BarumunTengah diharapkan mampu melahirkan kafilah yang siap berkompetensi di tingkat Kabupaten nantinya. Kita juga mengharapkan  Dewan Hakim yang telah dilantik sebagai penilai perlombaan supaya bersikap propesional," pintanya.

Lebih jauh Markiah juga berharap, kegiatan MTQ dapat menghasilnya kafilah berkualitas dengan kemampuan kafilah yang akan dipersiapkan sebagai utusan kecamatan di ajang MTQN  tingkat Kabupaten Palas nantinya.

"Ajang MTQN ini sebagai upaya menjaring bibit dalam hasil  kemampuan baca Alquran maupun yang lainnya dalam pengembangan bakat dan minat generasi muda," pungkasnya.

Tampak hadir di acara pelepasan pawai ta'aruf, Camat Kepala Desa, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintahan Pemkab Palas dan komponen elemen masyarakat dari berbagai penjuru desa tumpah ruah di Lapangan Merdeka Pasar Binanga, Kecamatan Barumun Tengah.