LABUHANBATU - Saat ini kondisi jalan lintas Provinsi Sumatera Utara di daerah pesisir Kabupaten Labuhanbatu yaitu dari Aek Nabara, Kecamatan Bilah Hulu menuju Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir sudah mulus dan tidak ditemukan lagi lubang menganga yang siap mengancam jiwa. Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Bina Marga Pemprovsu bekerjasama dengan perusahaan konstruksi PT Salim Perkasa Contruction melakukan pemeliharaan jalan secara berkala.

Rijal Siregar, salah seorang pekerja dari UPT Dinas Bina Marga Pemprovsu mengatakan, kondisi jalan daerah pesisir sangat rawan kerusakan akibat tanah gambut hingga dapat menimbulkan lubang-lubang pada badan jalan.

”Saat ini musim penghujan ditambah kondisi tanah gambut, jadi bisa membuatlubang-lubang di tengah jalan,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan seorang perwakilan dari perusahaan PT.Salim Perkasa Construksi, Rijal. Menurut dia, sesuai dengan rencana kerja bahwa pihaknya telah melakukan pengerjaan pengaspalan dan pembuatan bahu jalan (beram) sepanjang kurang lebih 20 km.

Untuk itu, dia mengimbau agar pengusaha atau perusahaan yang beroperasi di daerah pesisir yang memiliki armada pengangkutan, tidak melebihi tonase. Pasalnya, jalan lintas provinsi ini hanya memiliki kemampuan beban tampung dengan kapasitas 6-12 ton.

"Kepada segenap lapisan masyarakat agar bekerjasama untuk merawat dan juga memelihara jalan. Sebab, jalan lintas provinsi ini kapasitasnya kan cuma 6 ke 12 ton, jadi kalau melebihi tonase bisa merusak jalan,” paparnya.

Sebelumnya, Rusdiyanto salah seorang pengendara yang juga warga Ajamu, Kecamatan Panai Hulu mengatakan, lubang di tengah badan jalan siap mencelakai pengendara sepeda motor yang melintas apabila tidak waspada.

“Banyak lubang di tengah badan jalan, apalagi lebar jalan juga sangat sempit sehingga menyulitkan pengendara sepeda motor saat berselisihan dengan truk bermuatan berat yang kerap melintas,” cetusnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Labuhanbatu AKP Sawangin, Selasa (16/1/2018) meminta warga atau pengendara untuk meningkatkan kesaadaran dalam berlalu lintas yaitu dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta melengkapi dokumen kendaraannya.

”Agar pengendara bisa melintas dengan aman sampai tujuan dengan selamat, perhatikan rambu-rambu serta patuhi peraturan lalu lintas dan jangan lupa untuk melengkapi dokumen kendaraannya,” jelasnya.