PALAS - Bupati Palas Lawas, H. Ali Sutan Harahap alias Tongku Sutan Oloan mengucapkan selamat datang atas kunjungannya alumni IPB yang juga Wakil Rektor IPB di Kabupaten Palas, Kamis (11/1/2018).

Hal ini sebagai bukti keseriusan dukungan IPB akan pengembangan pendidikan di luar kampus utama yang ada di Palas dan kampus utama di Bogor. Hal ini tidak ada bedanya.

"Alumni IPB sudah cukup dikenal, dan memiliki kualitas yang baik dan diperhitungkan, baik di Indonesia maupun di Asia. Saya sangat bersyukur bisa menghadirkan IPB di Padanglawas demi meningkatkan pendidikan, karena saya tidak pernah merasa dan menikmati enaknya duduk di bangku parguruan tinggi," sebutnya.

Karena itu, pihaknya telah mempersiapkan lahan untuk lokasi fasilitas pendukung kegiatan pendidikan, termasuk lokasi bangunan gedung perkuliahan serta tempat praktek.

"Hal ini tidak terlepas atas bantuan partisipasi, kerjasama dari para alumni, terutama alumni yang berasal dari daerah Tabagsel," jelas Bupati.

Wakil Rektor, Prof. Hermanto Siregar mengatakan, kurikulum pendidikan IPB Bogor dan di luar Bogor, termasuk yang di Sukabumi dan Padanglawas tidak ada bedanya.

"Program PSDKU IPB yang Sudah eksis itu ada di Sukabumi, dan itu berkat dukungan yang kuat dari pemerintah provinsi setempat. Lain hanya dengan yang ada di Padanglawas, inisiatif Bupati," ungkapnya.

Keberhasilan suatu program, kata Hermanto, harus didukung dengan dukungan ketersediaan lahan, sumber daya manusia dan teknologi. Sementara alumni IPB 60 persen menjadi entrepreneurship.

Ketua alumni menambahkan, alumni IPB asal Tabagsel sudah banyak, dan sebagai alumni siap memberi dukungan kepada pemkab Padanglawas untuk membantu memajukan pendidikan PSDKU IPB di Padanglawas.

"Karena itu, untuk memotivasi, alumni Tabagsel menyiapkan beasiswa untuk tiga mahasiswa berprestasi. Soal teknis pemilihan calon penerima beasiswa diserahkan kepada pihak pengelola PSDKU IPB Kabupaten Palas," imbuhnya.

Usai silaturahmi di pendopo rumah dinas Bupati Palas Jalan Ki Hajar Dewantara, pertemuan ini dilanjutkan peninjauan kampus dan ruang belajar mahasiswa serta pelengkapan sarana fasilitas kegiatan perkuliahan di PSDKU IPB Palas di jalan Ikpos, Kelurahaan Sibuhuan, Kecamatan Barumun.