JAKARTA - Pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) 2019 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah dibuka. Salah satu pendaftar yang serius maju, adalah seorang pengemudi ojek online (ojol).

Warga Batu Ceper, Gambir, Jakarta Pusat bernama Suhandi (38) itu, mengaku ingin duduk di Senayan agar bisa membuat undang-undang.

Sehingga kata dia, dirinya dapat melindungi komunitas sesama pengemudi ojol.

"Saya ingin jadi anggota DPR RI, karena ada kelemahan di undang-undang sekarang ini," ungkapnya saat mendaftar di kantor DPP PKB Jakarta, Senin (8/1).

Beberapa keluhan itu kata dia, mulai dari pemutusan hubungan kerja (PHK), suspend, hingga jaminan keselamatan selama menjalankan tugasnya sebagai pengemudi ojol.

"Harus ada kemitraan yang jelas. Banyak kejadian juga, kecelakaan, meninggal di jalan. Jadi itu perjuangan jadi ojek online. Karenanya butuh undang-undang yang berikan perlindungan," papar Suhandi.

Suhandi mengaku mendaftar atas inisiatif pribadi. Selain itu, dirinya juga optimisi akan mendapat dukungan dari keluarga dan rekan-rekan seprofesi.

"Saya inisiatif pribadi. Jadi driver Grab aja keluarga mendukung, apalagi DPR RI," tutur pria yang maju di daerah pemilihan III Jakarta. ***