MEDAN-Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) Kota Medan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 berjumlah lebih dari 1,8 juta jiwa.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Agussyah Damanik mengatakan, data tersebut telah diturunkan oleh KPU RI setelah dilakukan analisis.

"Maka total DP4 Kota Medan untuk Pilgubsu 2018 berjumlah 1.844.717 jiwa dengan rincian laki-laki sebanyak 907.603 jiwa dan perempuan sebanyak 937.114 jiwa," kata Agus.

Agus menjelaskan, berdasarkan data tersebut KPU Medan akan melakukan pemutakhiran data pemilih dengan pencocokan dan penelitian (coklit) kepada pemilih.

"Nantinya Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan melakukan coklit kepada pemilih dengan langsung secara door to door. Selain itu, ini juga sebagai bahan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS)," terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, KPU Medan akan melakukan coklit kepada pemilih pada 20 Januari sampai 18 Februari 2018. Diperkirakan jumlah petugas PPDP di Kota Medan untuk Pilgubsu 2018 sekitar lebih 6000 ribu orang.

"Nanti targetnya setiap petugas bisa melakukan coklit sebanyak 3-5 rumah per hari. Maka kami harap kepada masyarakat Kota Medan dapat menyukseskan coklit ini," imbuhnya.