MEDAN-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tahun 2016 ini tidak membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) karena jumlah PNS di lingkungan Pemprovsu masih cukup.

Bahkan perhitungan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provsu, sampai 2020 nanti PNS yang ada masih bisa dimaksimalkan.

"Tahun ini kita tidak membuka pendaftaran untuk CPNS, kami cukupkan dengan PNS yang ada," ujar Kepala BKD Sumut, Kaiman Turnip di Kantor Gubsu.

Namun dikatakan Kaiman, untuk Pemerintah Kabupaten/Kota apakah membuka penerimaan CPNS, dia mengaku belum mengetahuinya karena belum ada surat yang masuk ke BKD Sumut.

"Pemkab/Pemko biasanya langsung ke pusat berkoordinasi soal dibukanya penerimaan CPNS di daerahnya. Jadi ke Pemprovsu belum ada surat kabupaten/kota terkait penerimaan CPNS itu," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, jumlah PNS Pemprovsu ada 11.800 orang. Jika moratorium dilaksanakan pemerintah pusat, maka Pemprovsu harus menunggu dua tahun ke depannya untuk perekutan CPNS. Sebab  akan ada 2.000 PNS yang pensiun setelah lima tahun kedepannya.

"Jadi, masih tersisa 9.800 PNS-nya," katanya.

Dia menuturkan, berdasarkan peraturan Aparatur Sipil Negara (ASN), usia pensiun PNS bertambah dua tahun. Jadi, dalam dua tahun ke depan baru ada PNS Pemprovsu yang pensiun.

"Jumlah PNS Pemprovsu rata-rata pensiun ada 500 orang tiap tahun. Maka sampai 2020, baru ada 2.000 PNS yang pensiun. Jumlah tersisa 9.800 PNS lagi masih bisa dimaksimalkan untuk menjalankan roda pemerintahan," ujarnya.

Begitupun, kata dia, bukan berarti PNS di Pemprovsu sekarang berlebih.  "Alasan lain,  kita tidak menerima CPNS tahun ini, karena tahun 2013 kita sudah terima 236 orang PNS. Semuanya tenaga teknis dan paramedis, dan itu masih cukup bagi kita," ujarnya.