PALAS – KPU Palas melaksanakan simulasi persiapan pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas, Minggu (7/1/2018) di sekretariat KPU Palas Jalan Listrik Sibuhuan. Di mana, pada Senin (10/1/2018) hingga Rabu (12/1/2018) mendatang, pendaftaran akan dibuka secara serentak di seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada 2018.

Simulasi ini diikuti oleh seluruh Komisioner dan staf KPU Palas. Di mana masing-masing punya peranan seperti memerankan calon bupati dan wakil bupati, kemudian ketua partai pendukung, Sekretaris dan Bendahara serta Ketua Tim Pemenangan dan Sekretarisnya.

Simulasi ini sendiri dipimpin langsung Ketua KPU Palas, Syarifuddin Daulay bersama Komisioner Divisi Teknis, Rahmat Habinsaran Daulay selaku koordinator Penyelenggara.

“Simulasi ini sangat berguna bagi kami sebagai alat kontrol sejauh mana kemampuan dan persiapan kami untuk menerima pendaftaran para balon bupati dan wakil bupati yang berlangsung selama tiga hari ke depan,” ucap Rahmat Habunsaran.

Menurutnya, dengan simulasi ini, dapat dikoreksi segala kemungkinan kesalahan untuk diperbaiki sehingga meminimalisasi kekurangan penyelenggara dalam menerima pendaftaran tersebut.

KPU Palas juga mengundaang pengurus partai politik untuk melakukan diskusi pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Palas untuk diberikan pemahaman terhadap regulasi pencalonan di KPU.

"Sebelumnya KPU telah melakukan sosialisasi termasuk soal pemeriksaan kesehatan pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati," sebutnya.

Kapolsek Barumun, AKP Sudirman SH dikonfirmasi tentang kesiapan pengamanan menjelaskan, pihaknya siap melakukan pengamanan pendaftaran besok, karena hal itu merupakan tugas kepolisian untuk mengamankan proses tahapan pesta demokrasi di kabupaten ini.

"Kita akan siagakan penuh anggota di sekitar kantor KPU Palas yang dilengkapi dengan pasukan bantuan dari Polres Tapsel yang turut memback-up pengamanan pendaftaran balon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mendaftar di KPU," pungkasnya.