PALAS - Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Selatan, AKBP M.Iqbal Harahap melaksanakan patroli jarak jauh dengan skala besar bersama personel gabungan guna mengantispasi berbagai gangguan kamtibmas, Jumat (5/1/2018). Saat memberikan arahannya, Kapolres meminta agar personel yang tergabung dalam paroli jarak jauh dapat melaksanakan tugas mulia yakni dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam menciptakan kekondusifan di masyarakat, khususnya menjelang Pilkada serentak.

Ditegaskannya, hal ini sebagaimana tugas Polri yang diatur di dalam UU no 2 tahun 2002, yaitu Harkamtibmas, melindungi, mengayomi serta melindungi masyarakat dan menegakkan hukum.

"Sebagai penegak hukum memiliki code of conduct dan personel harus mematuhi delapan tugasnya dalam melindungi, mengayomi masyarakat dan menghormati serta melindungi HAM setiap orang," tegas Kapolres.

Selain itu, sambung orang nomor satu di Polres Tapsel, setiap personel boleh melakukan tindakan tegas dan terukur apabila memang diperlukan. Personel juga tidak boleh membiarkan tindakan yang menghasut, membiarkan perbuatan yang melanggar aturan.

"Hal yang penting, tidak boleh pungli atau melakukan perbuatan tercela, dan tidak boleh melanggar aturan hukum," ungkap Kapolres.

Terpisah, Kapolsek Barumun, AKP Sudirman SH mengatakan, patroli jarak jauh ini dilakukan mereka dengan tujuan ke kantor KPU, Panwaslih, Kejaksanaan dan Pemda Palas

Selain itu, lanjut Sudirman, hal lain yang perlu dilakukan dalam patroli jarak jauh ini yakni singgah ke Lembaga Pemasyarakatan (LP), SPBU dan tempat-tempat keramaian dan lain-lain yang dianggap perlu untuk diantisipasi dari segala kemungkinan.

"Tujuan patroli melaksanakan preemtif dan preventif dengan sasaran potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata," sebutnya.

Patroli jarak jauh skala besar bersama personel dengan mengendarai sepeda motor dengan rute Tapsel, Paluta serta Palas.

"Tujuan patroli ini adalah untuk mewujudkan situasi Kamtibseltibcar lantas dan Kamtibmas yang aman kondusif dan terkendali pada saat menjelang Pilkada serentak 2018," pungkasnya.