SURABAYA - Saifullah Yusuf harus mendapat kenyataan pahit soal nasibnya di Pilkada Jawa Timur. Calon Wakilnya, Azwar Anas tiba-tiba menyatakan niatnya untuk mundur.

Kabar pengunduran diri ini dipicu isu miring Azwar Anas yang muncul beberapa hari belakangan.

Saifullah Yusuf mengatakan, dia sudah mendengar isu miring itu sejak dua hari lalu. Dia juga sudah mencoba bertanya langsung dengan Anas untuk mengklarifikasi kabar yang beredar.

"Dua hari lalu. Saya belum tahu benar apa enggak. Saya sendiri masih nunggu sambil menyiapkan sejumlah langkah dan terkejut, meskipun kita paham di dalam politik banyak kejutan," kata pria yang karib disapa Gus Ipul itu saat konferensi pers di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/1).

Isu miring ini bahkan sudah sampai di kalangan para ulama dan kiai. Gus Ipul juga sudah dipanggil oleh kiai untuk diminta penjelasan terkait kabar miring itu.

Tapi, Gus Ipul juga tidak bisa menjelaskan apapun. Mengingat, Wakil Gubernur Jawa Timur itu juga belum mendapat penjelasan dari Azwar Anas.

"Ya saya memang dipanggil sejumlah kiai untuk dikonfirmasi sejumlah hal. Tapi saya tentu tidak bisa menjawab karena yang bisa menjabat Mas Anas," ucap dia. ***