MEDAN - Pada libur menyambut Tahun Baru 2018, pelayanan poliklinik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik tutup hingga 1 Januari 2018. Poliklinik aktif kembali melayani pasien rawat jalan pada 2 Januari 2018 mendatang. Namun, seperti pada libur hari Natal kemarin, pelayanan kesehatan tetap buka dan melalui satu pintu yang arahkan ke IGD (Instalasi Gawat Darurat).

Menurut Kasubbag Humas dan Hukum RSUD Dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin, meski pegawai libur, untuk operasional rumah sakit tetap berjalan. Edison menyebutkan, dokter yang disiagakan di IGD, seperti dokter jaga dan lima dokter spesialis antara lain bedah, obgyn, penyakit dalam, anak, dan anestesi serta dokter spesialis lainnya disiapkan untuk on call (dihubungi).

"Untuk libur pelayanan umum tetap ada melalui IGD," ujar Edison, Sabtu (30/12/2017).

Ia menambahkan, seluruh perawat dan dokter sudah diatur jadwalnya dan pihaknya siap melayani masyarakat.

"Meski libur, pasien rawat inap akan dilayani seperti biasa. Karena itu, masyarakat diminta tidak khawatir," pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala IGD RSUP H Adam Malik dr Utama Abdi Tarigan, yang mengatakan pada hari libur, rumah sakit sudah memiliki prosedur tetap (protap) terkait pelayanan medis. Sehingga, pasien-pasien yang datang akan dilayani di IGD.

"Rumah sakit sudah mempersiapkan tim layanan medis, jadwal dokter yang bertugas pun sudah diatur," ujar Utama.

Setiap harinya, akan ada dokter umum dan lima orang dokter spesialis yang berjaga. Yakni dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter spesialis bedah dan dokter spesialis anastesi, tetap siaga di IGD.

"Selain dokter-dokter yang siaga, semua dokter juga siap jika dilakukan on call (dihubungi), untuk antisipasi kasus darurat seperti seperti kasus kecelakaan. Jadi pasien tetap dilayani," pungkasnya.