TAPANULI SELATAN - Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengunjungi wilayah Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Kotamadya Padangsidimpuan, Sabtu (30/12/2017). Kedatangan orang nomor satu di Polda Sumut tersebut guna memantau langsung kondisi arus lalu lintas semasa liburan menjelang tahun baru di sejumlah wilayah Sumatera Utara melalui udara. Sebelum tiba di Tapsel, Kapoldasu, Jumat (29/12/2017) terlebih dahulu sudah malakukan pemantauan di wilayah Kabupaten Simalungun, Tapanuli Utara.

Kedatangan Kapolda Sumut tersebut langsung di sambut oleh Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal, Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, Kapolres Madina bersama dengan Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari. Setelah tiba, rombongan pun langsung bergerak untuk meninjau kondisi jalan. Saat di wawancarai awak media di Desa Sihuik Huik, Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Hingga saat ini kondisi arus lalu lintas masih berjalan lancar dan dipastikan tidak ada masalah,” pungkas Kapoldasu.

Meski demikian, banyak ruas badan jalan yang ada di wilayah hukum Polda Sumut masih memprihatinkan, sehingga perlu penanganan yang serius  untuk mencegah terjadinya kecelakaan berlalu lintas.

Dari pantauan kapoldasu, sejumlah ruas badan jalan nasional saat ini banyak mengalami kerusakan dapat ditemukan di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Petugas kepolisian sudah disigakan di tempat-tempat yang badan jalannya rusak berat, sehingga, masyarakat merasa terbantu dengan kehadiran personil kepolisian,” paparnya.

Selain itu, bencana longsor juga masih mengancam para pengendara yang melintas di daerah Tapsel, sebab banyak wilayah yang rawan longsor.

"Selain rusak, badan jalan juga terancam longsor karena berada di kawasan perbukitan,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, Kapoldasu menginstruksikan seluruh Kapolres yang ada di wilayah Tapanuli Bagian Selatan, untuk menempatkan personil pada daerah-daerah rawan bencana.

Sementara itu, Kapolres Tapsel AKBP M Iqbal mengakui, hingga saat ini masih banyak ruas jalan yang mengalami kerusakan. Untuk mengantisipasi adanya kecelakaan, pihaknya sudah menempatkan personil khusus, sehingga dapat mencegah kecelakaan.

”Kita sudah siagakan personil di sejumlah kawasan rawan laka lantas, sehingga para pengendara merasa nyaman,” imbuhnya.

Dia berharap kepada para pengendara untuk memilih jalur berkendaraan yang aman, untuk menghindari adanya kecelakaan.