MEDAN - Jelang perayaan malam tahun 2018, harga kamar hotel-hotel berbintang di Medan mengalami kenaikan secara drastis. Begitupun tingkat hunian atau okupansi mulai penuh. Seperti di Hotel Grand Aston Medan harga kamar mulai dari Rp1.920.000 per malamnya.

"Harga normal yang biasa dalam kisaran Rp930.000 per malam. Jadi, berdasarkan prinsip ekonomi pada umumnya, ketika tinggi permintaan maka pasti harga jual meningkat. Memang, di malam tahun baru banyak pendatang ke Kota medan, salah satunya yang berasal dari Aceh," kata PR Hotel Grand Aston Medan, Stella Florensia, Sabtu (30/12/2017).

Lanjutnya, meski harga kamar naik untuk tingkat hunian kamar sudah penuh. Baik itu tipe kamar dengan harga terendah hingga harga tertinggi.

"Sudah full untuk semua kamar, hotel ada 210 room dan apartemen 40 room. Kebetulan, pada malam tahun baru ada acara musik jazz," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada memasuki awal tahun yakni Januari 2018 pihaknya menyiapkan paket promo bagi yang ingin menginap. Promo tersebut yaitu harga spesial sebagai ulang tahun Aston yang ke-8.

"Untuk hari Senin-Sabtu, deluxe room seharga Rp888.000, sedangkan hari Minggu Rp788.000," tuturnyaz.

Hal senada juga disampaikan PR Hotel JW Marriot Medan, Peri. Kata dia, harga kamar mengalami kenaikan mencapai sekitar 80 persen dari normalnya.

"Karena memang tren tiap tahun itu hotel selalu penuh pada malam tahun baru. Jadi, harga juga sudah disesuaikan dari awal. Kenaikan harga ada mencapai 80 persen dari harga biasanya," kata Peri.

Diutarakan dia, saat ini harga kamar di Hotel JW Marriot sudah naik lagi. Kenaikannya tergantung tingkat okupansi.

"Harga kita enggak fix (tetap), tidak bisa ditentukan. Harganya bisa berubah-ubah setiap saat tergantung okupansi," ucapnya.

Meski begitu, sambung Peri, pihaknya menyediakan paket khusus untuk malam tahun baruan. Paket tersebut yaitu menginap 3 malam cukup bayar 2 malam (3 night pay 2 night).

"Paket promo malam tahun baruan ini ditawarkan seharga Rp4,2 juta. Berlaku tanggal 30 Desember hingga 2 Januari," tukasnya.