PALAS - Lembaga Amil Zakat Infak dan Sodaqoh (Lazis) PLN Area Padangsidimpuan menggelar kegiatan peduli pemberdayaan umat dengan mengkhitan 27 anak dari keluarga kurang mampu di kantor PLN Rayon Sibuhuan Jalan Listrik, Kelurahaan Pasar Sibuhuan, Senin (25/12/2017). Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Lazis PLN Area Padangsidimpuan dengan tim medis Rumah Sakit Permata Madina Kabupaten Padang Lawas.

Manajer PLN Area Padangsidimpuan, Ronny Afrianto melalui Manajer Rayon Sibuhuan Suprihatin menjelaskan, peserta khitanan massal berasal dari wilayah kerja PLN Rayon melingkupi Kecamatan Barumun, Sosa, Lubuk Barumun, Ulu Barumun dan Barumun Selatan

"Anak-anak yang dikhitan ditangani oleh lima tenaga medis dari Rumah Sakit Permata Madina yang dipimpin dr.Yudi dan dibantu mantrinya Rahmat Indra, Alim Nasyid, Junaidi dan Rio Harmoni untuk melaksanakan khitanan kepada masing-masing anak," jelas Suprihatin didampingi Supervisor Pelayanan Pelanggan, Dio Hasian Putra.

Menurut Suprihatin, bakti sosial yang dilaksanakan ini sebagai bentuk kepedulian PLN berbagi kebahagian untuk masyarakat dengan khitanan massal gratis.

"Keberadaan PLN harus bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Kami berusaha untuk bisa memberikan sesuatu untuk masyarakat, termasuk membantu masyarakat yang kurang mampu, anak yatim dan kaum duafa," tegasnya.

Kegiatan khitanan massal yang dilaksanakan ini merupakan salah satu rutinitas yang dilaksanakan PLN. Dana kegiatan berasal dari penghasilan pegawai muslim yang dipungut sebesar 2,5 % tiap bulannya.

"Setiap anak yang dikhitan juga mendapatkan bingkisan dari Lazis PLN Area Padangsidimpuan berupa kain sarung dan uang Rp 100 ribu per orang," sebut Suprihatin.

Sementara itu, Zulbardi, warga Pasar Ujung Batu Sosa, Kecamatan Sosa, mendampingi anaknya, Al Bukhori Maulana untuk dikhitan mengatakan, bakti sosial yang dilakukan oleh PLN ini sungguh sangat membantu masyarakat kurang mampu dalam mengkhitan anak-anaknnya.

"Atas nama pribadi, saya mengapresiasi kegiatan PLN ini sebagai bentuk kepedulian berbagi kebahagian dengan masyarakat. Kami atas nama orangtua anak yang dikhitan mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN atas diselenggarakannya kegiatan khitanan massal gratis ini," ucap Zukbardi.

Senada dengan Zulbardi. Warga Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Nurhabiba seorang janda yang menemani anaknya Amiruddin Nasution juga mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah mewujudkan kepedulian kepada warga kurang mampu.

"Semoga PLN terus berkontribusi membantu masyarakat dalam program peduli," ujarnya.