Samosir-Hingga H-1 Natal, Minggu (24/12/2017), arus penyeberangan jalur danau dari Pelabuhan Tomok (Samosir)-Ajibata (Simalungun) dengan feri KMP Tao Toba, masih berjalan normal. Belum terjadi kepadataan antrian kendaraan seperti biasanya pada hari libur Natal dan hari-hari besar lainnya.

Kanit Reskrim Polsek Simanindo Polres Samosir, HP Siburian yang turut terlibat sebagai Petugas Keamanan (PAM) untuk antisipasi terjadinya keributan dan hal-hal lain yang tidak diinginkan, kepada medanbisnisdaily.com, mengatakan, hingga hari ini, arus penyeberangan masih lancar, dan puncak diperkirakan tanggal 29 Desember 2017 dari Samosir.

"Kemungkinan, nanti pada tanggal 29 Desember 2017 baru terjadi antrian di Pelabuhan Tomok. Hari ini masih lancar-lancar saja," terang HP Siburian.

Namun demikian, sambung Kanit, hasil koordinasi dengan personil kepolisian di pelabuhan Ajibata, antrian panjang sudah mulai terjadi di Ajibata.

"Kalau di pelabuhan Ajibata, sudah mulai antri. Panjang antrian sudah sampai ke pintu gerbang pelabuhan. Itu laporan yang kita terima dari petugas PAM di Ajibata," kata HP Siburian.

Dia menjelaskan, demi kelancaran arus penyeberangan dan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna jasa penyeberangan jalur danau Tomok-Ajibata, puluhan PAM telah siaga di pelabuhan.

"Mulai hari ini, kita sudah siaga di pelabuhan. Dari kepolisian 10 orang, Satpol PP 3 orang, Dinas Perhubungan 6 orang, dan dari Koramil Simanindo 1 orang. Kita bertugas 24 jam. Dan kita pastikan, tidak akan ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan masyarakat," tutur HP Siburian.

Pantauan di pelabuhan Tomok, arus lalu lintas masih berjalan lancar, dan feri KMP Tao Toba I dan II dioperasikan untuk melayani penumpang, dari Tomok-Ajibata dan sebaliknya.