MEDAN-PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara terus melakukan pembangunan jaringan listrik menuju Sumatera Terang 2019 yang merupakan program pemerintah pusat.

Guna mewujudkan hal itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah program Listrik Pedesaan (Lisdes) yang sedang digalakkan PLN.

General Manager PT PLN Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto mengatakan, hingga saat ini progres Lisdes yang sedang dikerjakan pihaknya sudah mengaliri listrik ke 117 desa.

"Listrik desa akan diresmikan hari ini di 66 desa yang tersebar di beberapa kabupaten di Sumut. 10 desa diantaranya berada di Kabupaten Tapanuli Utara, 2 desa di Kabupaten Tobasa dan 4 desa di Kabupaten Humbang Hasundutan," kata Feby saat peresmian Listrik Pedesaan di Gedung Serbaguna Sopo Partukkoan, Jalan Sisingamangaraja, Tarutung, Tapanuli Utara, Kamis (21/12).

Pada kesempatan itu, turut hadir Direktur Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto, Bupati Tapanuli Utara Nixon Nababan, perwakilan Bupati Toba Samosir, perwakilan Bupati Humbang Hasundutan, Kapolres Tapanuli Utara, Dandim 0210/TU, Kajari Tapanuli Utara dan Ketua DPRD Tapanuli Utara.

"Listrik Pedesaan di beberapa kabupaten ini merupakan sebuah kado terindah dari PLN kepada masyarakat dalam merayakan hari Natal di tahun 2017. Kami ingin membangun Sumatera Utara dari desa," sambung Feby.

Feby menjelaskan, total desa yang telah diproses sampai saat ini sebanyak 205 desa di seluruh Sumatera Utara.

Dari 205 desa itu, 117 desa sudah dialiri arus listrik. Sebelumnya, 51 desa sudah diresmikan oleh Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi, bertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN) beberapa waktu lalu.

"Selain peresmian listrik pedesaan di beberapa kabupaten, PT PLN (Persero) juga memberikan sosialisasi kelistrikan dan pemberian sembako kepada 50 kepala keluarga yang berada di Desa Lotung Jae, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara," jelas Feby.

"Saya berharap, dengan masuknya listrik di 66 desa tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Feby.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Utara, Nixon Nababan, mengucapkan terimakasih atas kerja keras yang dilakukan PLN.

"Tahun 2014 begitu saya dilantik, saya tidak tahu kalau banyak desa yang belum merdeka. Jalan setapak, air mesti dari air sungai dan listrik juga belum masuk. Saya coba bicara sama teman-teman. Puji Tuhan, 2017 PLN banyak berikan kontribusi," kata Nixon.