PALAS - Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap atau yang lebih dikenal dengan sapaan Tongku Sutan Oloan (TSO) menerima “Anugerah Sahabat Pers” dari Serikat Perusahan Pers (SPS) Cabang Sumut. Penghargaan Sahahat Pers tersebut diserahkan Ketua harian SPS Pusat Ahmad Johan dan Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik dalam Awarding Night SPS Sumut di Hotel Grand Aston Medan, Senin (18/12/2817) malam kemarin.

Di acara penyerahan penghargaan itu, turut disaksikan Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Kadis Kominfo Sumut Fitriyus, Wakil Kepala Bidang Organisasi SPS Pusat Sapriadi, dan para pemimpin redaksi dari media cetak.

Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik mengatakan, SPS Sumut telah melaksanakan lima kegiatan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu Sukma Award dan Good Media Award.

Sementara Ketua Harian SPS Pusat Ahmad Johan menyampaikan, kepedulian tokoh publik dalam mendukung kemajuan media cetak dan melibatkan peran Pers dalam pembangunan daerah merupakan tolak ukur untuk menjadikan daerah itu memiliki kepedulian tinggi kepada insan Pers.

"Hal ini dibuktikan tingginya kepedulian tokoh publik kepada media dan pers, tentu sudah selayaknya diberikan penghargaan anugrah," ujar Ahmad Johan.

Pemberian penghargaan Anugerah Sahabat Pers ini, kata dia, sebagai salah satu wujud kepedulian tokoh publik terhadap pers, karena berjasa dan mau terbuka terhadap wartawan dalam memperoleh informasi.

Adapun tokoh penerima Sahabat Pers, salah satu di antaranya adalah Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO).

Bupati TSO dikonfirmasi melalui selulernya, Selasa (19/12/2017) menjelaskan, penghargaan Sahabat Pers ini diperolehnya untuk kali keduanya.

"Sebelumnya tahun 2014 (saya mendapatkan penghargaan yang sama) dan sekarang tahun 2017. Dengan adanya penghargaan ini, menjadi motivasi bagi kami untuk terus membangun sinergitas dengan Pers sebagai mitra pemerintah dalam berkontribusi menyajikan pemberitaan daerah dalam membangun kemajuan pembangunan," sebutnya.

TSO juga mengucapkan terimakasihnya kepada SPS Pusat dan Sumut yang telah memberikan anugrah sebagai Sahabat Pers bagi dirinya.

"Tentu ini sebagai perekat membangun hubungan yang harmonis dengan insan pers dalam mendapatkan semua informasi pemerintah dalam memajukan daerah secara bersama melalui penyampaian informasi kepada publik melalui pemberitaan," sebut TSO.

Secara terpisah, Tokoh Masyarakat Palas, H.Marahadi Hasibuan yang juga tokoh pendidikan daerah Palas menuturkan, anugrah sahabat pers yang diterima Bupati TSO dinilai sangat wajar dan layak sebagai sosok pemimpin daerah yang senantiasa membangun persahabatan dengan awak media dengan baik.

"Ektabilitas TSO di mata masyarakat dan kalangan media, dikenal dekat dengan berbagai elemen yang ada di daerah. TSO juga selalu menggandeng Pers untuk memperkenalkan dan membangun Padang Lawas dengan Jargon Padang Lawas Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya (Berbudaya)," pungkasnya.