BINJAI-Tujuh tahanan LP Klas II A Binjai persisnya di sel Blok B kabur dengan cara memotong terali besi kamar mandi.

Ketujuh tahanan kabur tersebut adalah Saifuddin alias Fudin (34) warga Payabayu, Kelurahan Pabatu, Kecamatan Padang Hulu, Tebing Tinggi. Fudin tersangkut kasus narkotika. Abdul Rahman alias Rahman (33) warga Dusun 10 Sidodadi, Kampung Tempel, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat. Kasus penadah barang curian. Fahrul Azmi Nasution (35) warga Jalan H Hasan, Kelurahan Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat.

Yusrizal alias Rizal (39) warga Jalan Medan Binjai Km 15,5, Lorong Abadi, Desa Sumber Melati, Kecamatan Sunggal, Deliserdang. Rizal diketahui tersangkut kasus pencurian. Roni Adianto alias Roni (25) warga Dusun VIII Karangrejo Desa Sei Semayang, Kecamatan Sunggal dengan kasus pencurian.

Suhelmi alias Helmi (45) warga Jalan Bangau, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur dengan kasus narkotika. Dan terakhir adalah Rudi alias Ajun (33) warga Jalan Perjuangan, Dusun III, Kelurahan Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Deliserdang dengan kasus narkotika.

Dari hasil keterangan salah satu tahanan yang tak sempat melarikan diri bernama Ronny Do (28) menyebutkan jumlah tahanan dalam Blok B sebanyak 12 orang dan yang melarikan diri sebanyak 7 orang.

Informasi yang diperoleh di kepolisian menyebutkan kaburnya tahanan diketahui bermula saat
Petugas jaga mendengar ada teriakan dari tahanan yang mengatakan ada tahanan kabur. Selanjutnya petugas jaga melihat kearah teriakan dan terlihat Ronny Do berada diluar sel.

Ronny mengaku tahanan keluar dari terali besi setelah memotongnya. Kemudian mereka turun dengan kain sarung dengan cara diikat dan disambung. Setela turun mereka memanjat tembok dan merusak kawat duri.

Selanjutnya mereka menuju arah belakang bengkel dan memanjat tembok setinggi 3,5 meter dengan alat bantu kayu bekas ayakan pasir serta besi. Para tahanan kembali memanjat pagar lingkup Lapas. Lalu menuju halaman depan Lapas dan melompat pagar dan menuju jalan raya, Jalan Gatot Subroto.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Lapas Klas II A Binjai. Namun Kasat Reskrim Polres Binjai AKP Hedro Sutarno pada wartawan membenarkan kaburnya tahanan dari sel Blok B Lapas Binjai.

“Saat ini kita dan personel gabungan sedang melakukan pengejaran. Kita juga sudah cek TKP bahwa tahanan kabur memotong terali besi dan memanjat tembok,” ujar Hedro singkat.