MEDAN - Puluhan ribu umat Islam yang tergabung dari berbagai ormas Islam di Sumatera Utara turun ke jalan dalam acara Tabligh Akbar menolak kebijakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Dalam aksi bela Palestina tersebut, ribuan umat Islam gelar doa bersama dan sekaligus munasharoh (penggalangan dana) yang dilakukan pada seputaran jalan di Masjid Raya, Medan.

"Amerika Amerika, teroris teroris. Palestina Palestina, merdeka merdeka, Donald Trump, Donald bebek" teriak ribuan massa yang lakukan aksi protes, Minggu (17/12/2017).

Dalam aksi tersebut, turut hadir diantaranya Syeikh Nasif Nashir Ahmad Abdallah yang berasal dari Palestina, ustads Abdul Latif Khan (ulama), ustadz Sarwedi Hasibuan (ketua KNRP Sumut), dan ulama lainnya.

Perlu diketahui, aksi protes dari seluruh umat Islam di Indonesia telah dilakukan di berbagai wilayah Indonesia termasuk di Medan.

Aksi ini dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengakui Yerussalem sebagai ibukota Israel. Pernyataan ini lantas memicu aksi besar dari umat Islam dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.