PALAS – Bupati Padang Lawas, H.Ali Sutan Harahap (TSO) didampingi sejumlah pimpinan SKPD menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Jumat (15/12/2017) malam. Selain jajaran pemerintah daerah, tampak hadir alim ulama, tokoh masyarakat dan ibu-ibu pengajian Amalia serta masyarakat di Lingkungan V dan Kelurahan Pasar Sibuhuan.

Kehadiran Bupati disambut dengan persembahan grup nasyid dari lingkungan V dan rebana dari Naposo Nauli Bukung. Dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran serta Al Barzanji.

Tokoh masyrakat H.Abner Gunawan Harahap berharap, momentum Maulid Nabi dapat dipetik hikmahnya dalam penghayatan kehidupan sehari-hari.

Kepala Lingkungan Mhd Syafii Hasibuan mengatakan, malam yang penuh syukur dan nikmat dengan kehadiran Bupati, Camat dan Lurah diharapkan untuk melanjutkan pembangunan mewujudkan Palas Bercahaya.

Penceramah Al Ustad H.Umar Soleh Hasibuan dalam tausyiahnya menyampaikan, hakekat kebaikan dan cinta kepada Allah SWT dan nabi besar Muhammad SAW.

Dirinya mengajak umat dan masyarakat untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta mempererat hubungan silaturahmi dalam mewujudkan Palas Bercahaya.

Bupati TSO memandang peringatan maulid nabi ini memiliki arti yang lebih luas. Bukan hanya sekadar pernyataan kecintaan sebagai umat Nabi Muhammad tapi lebih kepada meneladani akhlak dan perilaku yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari kita contoh Nabi Muhammad sangat menjunjung tinggi keadilan sosial, musyawarah dan mufakat. Nilai-nilai kemanusian penegakan supremasi hukum dan kerukunan antar ummat untuk menjaga harmoni sosial," terangnya.

"Tatanan kehidupan bermasyarakat menjadi inspirasi bagi kita untuk membangun kehidupan yang beradab," kata Bupati

Kata TSO, pada konteksnya peringatan Maulid Nabi Muhammad ini merupakan momentum yang sangat tepat sebagai media pemersatu khususnya masyarakat kabupaten Palas.

“Membangun ukhuwah islami dan mempererat tali silaturrahmi sesama diharapkan lebih ditingkatkan, sehingga memperkokoh persatuan yang kuat, bukan tidak mungkin Palas mampu bersaing dan bersanding sejajar dengan kota-kota lain,” imbuhnya.

Dalam kesempatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Bupati Palas berkenan menyerahkan bantuan kepada pengajian ibu-ibu lingkungan V yang diterima langsung Ketua Wirid Yasin Hj Juhro.