LABUHANBATU - Dalam konteks perilaku pungutan liar (pungli), pemberi dan penerima sama di mata hukum. Makanya Kepolisian Resor Labuhanbatu melalui tim Saber Pungli akan terus memonitoring adanya dugaan aktivitas kejahatan tersebut.  Demikian ditegaskan Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang melalui Kasat Binmas AKP H. Edi Sidauruk saat pelaksanaan Sosialisasi Saber Pungli di Aula Kantor Camat Rantau Selatan, Labuhanbatu, Jumat (15/12/2017).

Pungli ini, imbuh Kasat Binmas, biasanya terjadi untuk memperkaya diri sendiri.

"Dengan dilaksanakannya sosialisasi saber pungli ini, diharapkan dapat menghilangkan kebiasaan adat dan budaya timur untuk memberi, agar nilai keadilan petugas dalam melayani masyarakatnya berlaku sama," sebutnya. 

Lebih jauh Kasat Binmas mencontohkan, di dalam adanya aksi pungli dimaksud, pastinya akan didapati terjadi perbedaan pelayanan antara masyarakat yang memberi sejumlah uang dengan yang tidak memberi. Maka untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada aparatur pemerintahan untuk tidak mencoba melakukan tindakan pungli.

"Bersyukur kita bisa bertemu dalam suasana sosialisasi seperti ini, coba bayangkan saja, apabila kita bertemu dalam kondisi operasi tim, ada yang ditangkap OTT, dipenjara, tentu sangat malu dan sakit sekali," bilang Edi. 

Doktrin Kasat Binmas, Tim Saber Pungli Polres Labuhanbatu diketuai Waka Polres Kompol Tris Lesmana Zeviansyah ini, sebaiknya setelah sosialisasi ini dilaksanakan, seluruh instansi pemerintahan yang ada, agar menghindari kegiatan pungli dan apabila yang pernah melakukannya supaya jangan lagi terjerumus dalam tindakan kriminal tersebut. 

"Jangan tunjuk tangan, siapa yang pernah melakukan pungli, dan jangan tunjuk tangan bagi siapa yg pernah jadi korban pungli. Artinya, setelah sosialisasi ini mari kita sama-sama menjauhkan diri dan tidak melibatkan diri dengan pungli," pinta AKP Edi Sidauruk. 

Tampak hadir dalam sosialisasi itu, antara lain Inspektorat Labuhanbatu Indra Lubis, Kesbangpol Linmas Toguan Dalimunthe SIP, Camat Rantau Selatan Ibni Aipal Zahni S.PDi, para Lurah, Kepala Lingkungan, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa, dan seluruh Kepala Sekolah se-Kecamatan Rantau Selatan.