PALAS - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas mensosialisasikan pengawasan pemilihan umum legislatif (Pileg) dan pemilihan umum presiden (Pilpres) 2019 kepada sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama, adat serta organisasi kemasyarakatan, Jumat (15/12/2017) di Hotel Barumun. Ketua Panwaslih Abdul Rahman Daulay mengatakan, sebagai lembaga yang bertanggung jawab melakukan pencegahan dan penindakan, Panwaslih menjadi salah satu kunci  berlangsungnya tahapan pemilihan umum (Pemilu) yang berintegritas. Dimulai dengan menyusun strategi dan perencanaan pengawasan, pencegahan, dan penindakan yang baik.

"Untuk membangun kesadaran para pemangku kepentingan pengawasan Pemilu, sosialisasi ini sasaran kegiatannya yakni tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Palas,” ujarnya.

Tujuan sosialisasi ini, kata Abdul Rahman, sebagai salah satu sistem pencegahan pelanggaran Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

"Melalui kegaitan ini, diharapkan pengawasan penyelenggara Pileg dan Pilpres bukan saja dibebankan pada Panwaslih, tapi juga seluruh pihak dapat dijadikan mitra kerja," ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu Legislatif dan Pilpres ini menghadirkan narasumber mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Palas Sunardi Daulay.S.Ag dan Ketua Panwaslih Palas Abdul Rahman Daulay.MM.