PALAS - Kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih pemula (goes to school) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 mulai digalakkan KPU Padang Lawas. Mengawali kegiatan masuk kesekolah-sekolah diawali dari  SMAN Sihapas Barumun, kegiatan ini dibuka langsung Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay, Kamis (14/12/2017) di sekolah itu.

Sebagai narasumber, Amran Pulungan Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas memberikan sosialisasi yang dihadiri 60 siswa-siswi dari SMAN Sihapas Barumun. Diharapkannya, peserta bisa ikut berpartisipasi mensukseskan Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang. 

Hanya saja, menurut Amran, sejumlah siswa yang berada jauh dari ibukota Sibuhuan mengakui, belum melakukan perekaman e-KTP hingga saat ini. Keterbatasan alat di kecamatan dan akses yang jauh ke Sibuhuan menjadi kendala hingga para siswa belum melaksanakan perekamam e-KTP di Dinas Dukcapil Palas.

"Sejauh ini pemahaman pemilih pemula mudah-mudahan tinggi. Hanya terkendala KTP, belum ada yang merekam. Karena itu persyaratan mutlak untuk ikut memilih," jelas Amran Pulungan. 

KPU Palas berharap, Disdukcapil Palas kiranya bisa jemput bola melakukan perekaman ke Sihapas Barumun. Langkah ini guna mempermudah keikutsertaan pemilih pemula dalam pesta demokrasi nantinya.

"Kepada Disdukcapil diminta untuk datang ke SMAN Sihapas melakukan perekaman e-KTP," pinta Komisioner KPU yang akrab disapa Ampul ini.