MEDAN-Pendaftaran Calon Wagub Sumut dari Partai Golkar resmi dibuka hari ini, Senin (11/12). Di hari pertama, sudah dua orang mendaftar menjadi calon pendamping Tengku Erry Nuradi pada Pilgubsu 2018.

Ketua Tim Penjaringan Cawagub Sumut Partai Golkar, Sahlul Umur Situmeang mengatakan, dua pendaftar tersebut yakni HM Hanafiah Harahap SH MH dan Leonard S Samosir. Keduanya tercatat sebagai Anggota Fraksi DPRD Sumatera Utara.

"Dua nama mendaftar pagi tadi. Dua kader kita ini sudah mengisi formulir dan mengembalikannya ke kita," kata Sahlul didampingi Wakil Ketua Tim Syamsul Qamar, Suruhenta Sembiring, Rini S Paloh.

Tim penjaringan yang dinamakan Tim Sepuluh itu akan melakukan verifikasi dan fit and proper test tahap pertama pada Rabu (13/12) di Hotel Adi Mulia Medan.

"Tim pengujinya nanti kita beritahukan," ucap Sahlul yang juga Mantan Ketua DPRD Sibolga itu.

Pada tahap pertama pendaftaran ini, Tim Sepuluh membuka pendaftaran Cawagubsu khusus untuk kalangan internal Partai Golkar. Tahap pertama ini dibuka sampai 13 Desember 2017.

"Dimbau kawan-kawan dari internal Partai Golkar yang berkeinginan mendaftar, untuk segera mendaftar ke Kantor Golkar Sumut, Jalan Sei Bagerpang Medan," terang Sahlul.

Jika pendaftar dari kalangan internal Partai Golkar tak sampai tiga orang, maka Tim Sepuluh akan membuka pendaftaran untuk kalangan eksternal.

"Untuk tahap eksternal, kami membuka pendafataran pada tanggal 14 sampai 17 Desember 2017 di kantor sementara Partai Golkar Sumut Jalan Sei Bagerpang mulai pukul semblan pagi sampai pukul lima sore," tandas Sahlul.

Untuk Tim Sepuluh itu sendiri diisi sejumlah kader Golkar lainnya yakni HM Yasir Ridho Loebis, Syamsul Qamar, Dodi Taher, H Firdaus Nasution, Rolel Harahap, dan Willer Pasaribu.

Ada juga Suruhenta Sembiring dan Rini S Paloh yang masing-masing sebagai Wakil Ketua Tim Sepuluh. Satu orang lainnya yakni H Hasanuddin Nano yang bertindak sebegai sekretaris.

"Untuk informasi lebih lanjut soal pendaftaran bisa menghubungi Saudara Sekretaris H Hasanuddin Nano di nomor 082333667555," terang Sahlul.

Sebagaimana diketahui, sesuai Rapat Pleno pada Sabtu 9 Desember 3017, Golkar Sumut membentuk tim seleksi Calon Wagubsu. Itu diambil untuk mengisi kekosongan Cawagubsu Partai Golkar pasca Ketua Golkar Sumut Ngogesa Sitepu mengundurkan diri.

Partai Golkar sendiri diketahui sudah mengeluarkan surat rekomendasi untuk mengusung Tengku Erry Nuradi.

Dalam rapat pleno itu juga dibahas soal rencana DPP Partai Golkar menggelar Munaslub seperti yang sudah disepakati 31 DPD Golkar Provinsi se-Indonesia menyusul 3 DPD Provinsi lainnya yakni Papua, NTT dan Sulawesi Utara.

Selain itu juga dibahas Calon Ketua Umum Partai Golkar yang akan dukung pada Munaslub nanti. Golkar Sumut menyepakati mendukung Airlangga Hartarto menjadi calon kuat menjadi Ketua Umum Partai Golkar.