MEDAN-Hingga saat ini, DPD PDI Perjuangan Sumut masih menunggu dari DPP perihal nama-nama bakal calon (Balon) Gubernur Sumut dan Wakil Gubernur Sumut yang akan diusung pada Pilgubsu 2018 mendatang.


"Kita masih menunggu proses penggodokan di DPP. Kita sekarang ini masih melakukan komunikasi dengan partai politik yang belum mengusung bakal calon untuk berkoalisi," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Japorman Saragih SH dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Drs Soetarto MSi kepada wartawan via seluler.

Pada intinya, kata Japorman, pihaknya sudah melakukan penjaringan terhadap nama-nama Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut. Dari penjaringan itu ada 11 nama balon diserahkan kepada DPP PDI Perjuangan. Selain itu, DPP dan DPD secara  bersama-sama sudah melakukan survei terhadap 11 nama.

"Hasil survei itu diserahkan ke DPP dan dilakukan pendalaman. Setelah itu, DPP akan memanggil DPD untuk mendiskusikan nama-nama balon yang akan diusung nantinya dalam Pilgubsu," jelas mantan Wakil Ketua DPRD Sumut ini.

Soetarto menambahkan pihaknya menginginkan Balon yang akan diusung nantinya dari kader PDI Perjuangan. Pihaknya juga saat ini belum mengetahui secara pasti diusung sebagai Balon Cagub atau Cawagubsu.

Pasalnya, kondisi politik di Sumut saat ini realistis dan berdinamika. "Kondisi politik di Sumut sudah disampaikan ke DPP. Keputusan itu semua, kita serahkan kepada DPP," ujar Soetarto.

Dalam hal ini, Japorman dan Soetarto mengharapkan nama balon gubernur dan wakil gubernur dikeluarkan sebelum Hari Natal 25 Desember 2017. "Kita maunya, DPP memberikan paket Natal kepada masyarakat Sumut berupa nama Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut," harapnya.