MEDAN-Gempa bumi terjadi di wilayah sekitar Padang Sidempuan, Senin (4/12) pukul 01.30 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi berkekuatan M=3,0 terjadi dengan koordinat episenter pada 1,17 LU dan 99,33 BT, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km arah Tenggara Padang Sidempuan, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Kepala BBMKG Wilayah I, Edison Kurniawan mengatakan, gempa bumi berikutnya terjadi pukul 00.06.36 WIB dengan parameter gempa bumi berkekuatan M=3.0 pada koordinat episenter 1.70 LU dan 99.35 BT, pada jarak 15 km Timur Laut Tapanuli Selatan.

“Kedua sumber gempa bumi berada pada kedalaman hiposenter 10 km,” katanya.

Dampak gempa bumi yang didasarkan kepada laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Padang Sidempuan mengalami goyangan lemah dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau I-II MMI. Gempa bumi ini hanya tercatat oleh alat dan hanya beberapa orang saja yang merasakannya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal. Berdasarkan karakteristik sinyal gempa bumi, menunjukkan jenis gempa bumi tektonik yang diduga akibat aktivitas sesar lokal dekat zona sesar sumatera.

“Hingga pukul 01.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” terang Edison.

Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan dan sekitarnya, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.