MEDAN-Barisan Relawan Jokowi Presiden (BARA JP) mengadakan konsolidasi internal, yang diagendakan dalam Konfrensi Pertemuan Tingkat Daerah (Konferda) di Medan. Acara dilaksanakan tanggal 25 November 2017 di Aula Bung Karno, Gedung PDIP Sumatera Utara Jalan Jamin Ginting No 72 Medan. 

Dalam sambutannya, ketua panita konferda Jasabel Girsang menyampaikan agar kesempatan rakorda ini dimanfaatkan demi solidnya pengurus, anggota dan simpatisan BaraJP dalam menghadapi pilpres 2019 mendatang.

Dalam kesempatan yang sama Pengurus DPD PDI Perjuangan Sumut  yang diwakili Sutarto, menyampaikan dukungan mereka atas komitmen dari BaraJP tersebut.

"Kami sangat bangga punya rekan seperjuangan yang mendukung pak Jokowi yang notabene nya adalah presiden yang diusung PDIP. Karena itu sebagai bentuk dukungan kami terhadap BaraJP, kapanpun jika dibutuhkan kami siap membantu," ujarnya.

Dari pengurus DPP BARAJP, hadir Ketua Umum Sihol Manullang, Sekjen Utje Gustaaf Patty, Sekjen Yayong Waryono, Bendahara Umum Viktor Sirait, Ketua Umum Srikandi Jokowi Vivi Evilia. Sementara dari daerah, hadir seluruh pengurus DPC Kabupaten Kota yang sudah terbentuk di Sumatera Utara.

Usai memaparkan kondisi keberadaan BARA JP terkini se Indonesia, Sekjen Yayong Waryono kemudian menetapkan hasil keputusan Rapat DPP bahwa kepengurusan DPD BARAJP SUMUT diputuskan dipimpin oleh Ketua Heryanson Munthe, sekretaris Amudi Manurung, dan Sarmedy Sipayung.

"Ini adalah keputusan bersama DPP di Jakarta, kami berharap Bara JP di Sumatera Utara ini akan dapat berkembang dan lebih solid, dinamika organisasi itu hal biasa, kami berharap dengan kepengurusan yang baru ini Sumut tetap bisa menjadi yang terbaik," sebutnya.

Pembahasan juga berlanjut mengenai peta politik elit dan massa jelang pileg dan pilpres 2019 mengingat di Sumut akan Pilgubsu dan Pilkada 8 kabupaten/kota pada tahun 2018 mendatang.