Denpasar-Bandara I Gusti Ngurah Rai ditutup pukul 07.00 WITa hari ini. Akibatnya ada lebih dari 5.000 penumpang 'terjebak' di Pulau Bali.

Berdasarkan data dampak penerbangan terhadap aktivitas Gunung Agung dari Angkasa Pura I, Senin (27/11), ada 3 maskapai penerbangan domestik yang terdampak. 3 Maskapai itu adalah Garuda Indonesia, AirAsia dan Lion Air.

3 Maskapai penerbangan itu terdiri dari 15 kedatangan dan 13 keberangkatan. Total jumlah penumpang dari belasan jadwal itu adalah 1.032 orang untuk kedatangan dan 1.491 orang untuk keberangkatan.

Sementara di penerbangan internasional dilaporkan ada 8 maskapai yang terdampak. Maskapai itu adalah Cathay Pacific, Cathay Dragon, Virgin Air, AirAsia, Lion Air, KLM, JetStar dan Phillipine Airline.

8 Maskapai itu terdiri dari 22 kedatangan dan 26 keberangkatan. Jumlah penumpang kedatangan diperkirakan lebih dari seribu orang, namun tidak ada data keseluruhan hingga berita ini ditayangkan.

"Sementara untuk keberangkatan internasional, jumlah penumpangnya 3.698 orang," kata Kepala Humas Bandara Ngurah Rai Arie Ahsannurohim.

Total penerbangan yang dibatalkan untuk domestik adalah 28 jadwal dan internasional sebanyak 48 jadwal. Penutupan Bandara Ngurah Rai selama 24 jam ke depan akan dievaluasi setiap 6 jam. (dtc)