MEDAN-Sebanyak dua unit rumah untuk penginapan para wisatawan atau homestay diresmikan Menteri Pariwisata Arif Yahya pekan lalu, (24/11/2017).

Peresmian berlangsung seusai Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara jadi bandara internasional.

Homestay tersebut didirikan di Desa Sigapiton, Ajibata, Kabupaten Toba Samosir.

Menurut Direktur Pemasaran Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT), Basar Simanjuntak, kedua homestay yang didirikan itu merupakan contoh atau model agar warga di sekitar Danau Toba ikut mendirikannya. Tujuannya agar mereka ikut menikmati keuntungan dari industri pariwisata yang terus dikembangkan pemerintah.

"Dengan model homestay yang kita bangun hendaknya warga juga mau menjadikan rumahnya sebagai homestay. Jadi mereka ikut menikmati berkah Danau Toba," ujar Basar seusai mendampingi Menko Maritim Luhut Panjaitan berdiskusi dengan relawan pendukung Jokowi, di Asrama Haji Medan.

Kata Basar, BOPDT akan mendampingi warga di sekitar Danau Toba tentang cara membangun atau mengubah rumahnya menjadi homestay. Sehingga para wisatawan tertarik menginap.

Sebagaimana dikatakan Luhut, jangan sampai industri pariwisata di Danau Toba maju dan berkembang tetapi warga tidak mendapat keuntungan apapun.