MEDAN-Perjuangan keras untuk bisa tampil di Olimpiade sedang dilakukan oleh karateka Sumatera Utara, Srunita Sari Sukatendel.

Atlet kelahiran Binjai, 28 Agustus 1992 ini bertekad untuk tampil pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Menurut atlet peraih emas SEA Games 2017 ini, tampil membela Indonesia di Olimpiade merupakan impian sekaligus cita-citanya sejak pertama kali menggeluti cabang olahraga karate.

"Pastinya semua atlet ingin membela negaranya di Olimpiade. Termasuk saya yang terus mengikuti program latihan rutin di Pelatnas," ucap atlet berparas manis itu.

Demi bisa tampil di Olimpiade, seluruh atlet tentu harus melewati beberapa tahapan, salah satunya adalah mengumpulkan poin tertinggi agar bisa mengikuti kualifikasi selanjutnya, termasuk agenda terdekat adalah mengikuti kejuaraan internasional 'World Premier League (WPL)' di Okinawa, Jepang, akhir pekan ini.

Srunita tentu bertekad bisa menjadi juara sekaligus meningkatkan rating poin agar bisa tampil di Olimpiade.

"Dalam waktu dekat akan ikut World Premier League di Okinawa. Kan ini bagian tahapan mengumpulkan poin untuk bisa ikut kualifikasi Olimpiade 2020. Itu salah satu persyaratan agar poin kita bertambah dan bisa ikut Olimpiade," jelas Srunita Sari.

Saat ini, Srunita berada di ranking tujuh dunia versi World Karate Do Federation (WKF). Artinya, peluang Srunita agar bisa tampil di Olimpiade tinggal selangkah lagi. Meski begitu, Srunita tetap latihan rutin dan serius agar bisa tampil maksimal di WPL nanti.

"Saat ini saya ranking 7 di WKF di nomor kumite -50 kg putri. Semua karateka tentu harapannya ingin ke situ. Sampai saat ini belum ada diumumkan kepastian ranking berapa yang bisa ikut kualifikasi. Tapi, kualifikasi yang rencananya dilaksanakan bulan Juni tahun depan yang masuk 50 besar boleh ikut," ungkap atlet asal Kabupaten Langkat ini.

Tercatat, atlet yang baru menamatkan jenjang starata-1 (S-1) di Universitas Negeri Medan (Unimed) ini juga pernah meraih sejumlah prestasi gemilang di kejuaraan karate tingkat internasional.

Dia pernah menyabet juara 1 di Venice Cup (Italia) 2013, juara 1 Finlandia Open 2013, juara 1 Marmara Cup (Turki) 2014, juara 1 SEAKF Vietnam 2013, juara 1 SEAKF Laos 2015 dan juara 1 Bosphorous Cup (Turki) 2016.