MEDAN - Sebagai bentuk apresiasi dalam memperingati Hari Guru Nasional ke-72 yang jatuh setiap tanggal 25 November, Perguruan Panca Budi Medan akan memberangkatkan guru umrah. "Apresiasi diberikan kepada guru-guru berprestasi mulai dari TK hingga tingkat SMA/SMK. Sebab, para guru tersebut telah berjuang dalam membimbing siswa di Perguruan Panca Budi meraih juara pada berbagai ajang lomba level lokal, nasional hingga internasional," ungkap Koordinator Perguruan Panca Budi Medan, Abdullah Syafii usai melaksanakan upacara di halaman sekolah Jalan Gatot Subroto Km 4,5, Sabtu (25/11/2017).

Dia menyebutkan, penghargaan dalam bentuk umrah kepada guru berprestasi merupakan program baru pada tahun depan.

"Tahun depan rencananya program itu akan dimulai. Dengan begitu, guru-guru lainnya termotivasi untuk meraih prestasi," sebut Syafii.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan peringatan hari guru ini setiap tahunnya dilakukan. Menurutnya, melalui momentum peringatan hari guru kali ini mari bersama-sama meningkatkan kualitas guru agar pendidikan di Indonesia semakin maju. Sehingga, peran guru semakin dihargai dalam bidangnya dan mampu mencerdaskan anak bangsa secara keseluruhan.

"Sebagai lembaga pendidikan sudah pasti kita mengedepankan program pemerintah, yang utamanya dalam pembangunan atau pembentukan karakter anak didik. Begitu juga dengan tenaga pendidik atau guru," imbuh Syafii.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut, Rosmawati Nadea yang menjadi inspektur upacara di perguruan tersebut menuturkan, guru sebagai pendidik anak bangsa memiliki peran yang penting dalam menghantarkan mereka menuju manusia yang cerdas dan bermartabat dalam hidupnya. Untuk itu, peran guru sangat penting dalam perjalanan bangsa ini ke depan guna membentuk generasi mudanya.

"Kobarkan semangat teladan kepada anak didik kita, sehingga menjadi generasi penerus sesuai dengan cita-cita bangsa," kata Rosmawati.