MEDAN - Rangkaian prosesi adat pernikahan putri presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan suaminya Bobby Nasution diterbitkan menjadi sebuah buku yang isinya menjelaskan mengenai seluruh rangkaian adat yang berlangsung. Buku kecil setebal 32 halaman tersebut ditulis oleh H Pandapotan Nasution yang bergelar Patuan Kumala Pandapotan.

Pada bagian pengantarnya ia mengatakan terdorong untuk menuliskan buku kecil tersebut dengan harapan seluruh rangkaian acara adat yang dijalani oleh Bobby Nasution-Kahiyang Ayu dapat diketahui dengan jelas oleh seluruh lapisan masyarakat. Bukan hanya masyarakat Indonesia namun juga masyarakat dari luar negeri, karena ia juga menuliskan terjemahannya kedalam bahasa Inggris pada buku tersebut.

"Penerbitan buku kecil ini salah satu upaya untuk mendokumentasikan perkawinan adat Budaya Mandailing yang sudah hampir hilang akbat budaya yang dipelihara selama ini adalah budaya lisan, sehingga terkendala dalam pewarisannya," demikian ditulisnya.

Buku kecil ini mulai dibagikan oleh pihak Panitia kepada sejumlah warga yang hadir dilokasi pesta termasuk kepada puluhan awak media massa yang melakukan peliputan. Sesuai hajatan, buku ini diberi judul Upacara Adat Perkawinan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu Berdasar Adat Mandailing.

Pasangan inipun menghiasi bagian sampul dari buku tersebut.