MEDAN-Pengurus DPD Golkar Sumatera Utara sudah menyatakan menerima surat pengunduran diri Ngogesa Sitepu yang diusung sebagai bakal calon Wakil Gubernur pada Pilgubsu 2018 mendatang.

Sekretaris DPD Golkar, Irham Buana Nasution mengatakan, pengunduran diri tersebut resmi disampaikan oleh Ngogesa Sitepu dalam rapat pengurus harian terbatas yang digelar pada Senin (20/11) lalu.

"Beliau telah menyampaikan pengunduran diri pada Senin lalu," katanya.

Irham menjelaskan, mereka akan mencari pengganti untuk bakal calon Wakil Gubernur Sumut yang akan nantinya mendampingi Tengku Erry Nuradi pada Pilgubsu 2018 mendatang.

"Saat rapat beberapa waktu lalu, ada dua rekomendasi yaitu menerima pengunduran diri pak Ngogesa dan mencari pengganti untuk pendamping pak Erry," jelasnya.

"Sementara untuk pengganti pak Ngogesa nantinya, kami akan membentuk panitia penjaringan internal yang terdiri dari pengurus DPD Golkar Sumut," tambahnya.

Irham juga mengungkapkan penjaringan internal yang akan dilakukan tim tersebut sifatnya hanya bertugas untuk menseleksi sejumlah nama-nama kader yang dianggap memiliki peluang untuk menang.

Nantinya, tim ini akan menghasilkan lima nama yang akan dibawa ke dalam rapat pleno diperluas yang dihadiri oleh seluruh pengurus DPD II Golkar tingkat kabupaten/kota. Hasil dari pleno diperluas ini kemudian disahkan dalam Rapimda Golkar Sumut.

"Hasilnya akan disampaikan kepada DPP Golkar untuk disahkan sebagai bakal calon wakil gubernur mendampingi Tengku Erry Nuradi di Pilgubsu 2018," ungkapnya.

Lima nama calon tersebut nantinya akan dipilih oleh panitia penjaringan internal tersebut. "Jadi itu disleksi oleh panitia. Tidak ada yang mengajukan siapa yang mau. Panitia yang menyeleksinya," pungkas Irham.