PALAS - Pelantikan 303 Kepala Desa se Kabupaten Padang Lawas sebagai Ketua Majelis Pembimbing Desa (Kamabides) Gerakan Pramuka di tingkat desa periode 2017-2020 beberapa waktu lalu, dinilai merupakan terobosan perdana di Indonesia dalam organisasi Kepramukaan.  Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap (TSO), Selasa (21/11/2017) mengatakan, kepala desa memiliki peran strategis dalam pengembangan pembentukan karakter dan disiplin untuk melakukan pemantapan pengelolaan organisasi pramuka sebagai Agen Of Change (Agen Perubahaan) yang dapat membentuk generasi muda berkualitas di tingkat desa sebagai barometer mendukung kemajauan pembangunan bangsa dan daerah.

Menurut H. Tongku Sutan Oloan, yang akrab disapa TSO, peran serta kepala desa dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM), memiliki andil penting dalam mewujudkan Kabupaten Palas beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya).

Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Palas dan Wakil Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu. CHt selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Wakamabicab) berpesan, agar kepala desa yang telah dilantik selaku Kamabides dapat melaksanakan tugas dan fungsi memberikan bimbingan bersifat moral, organisatoris dan konsultasi untuk perkembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka.

"Pembinaan gerakan pramuka di desa dapat berjalan dengan baik dan dilandasi semangat yang tinggi untuk terus melakukan pemantapan pengelolaan organisasi gerakan pramuka sebagai Agen Of Change (Agen Perubahaan) yang dapat membentuk generasi muda berkwalitas ditengah tengah masyarakat," pinta Bupati.

Dalam setiap kesempatan, orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Palas ini mengingatkan, kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan Kwarcab Gerakan Pramuka Palas di semua ajang Perkemahaan Saka Bhayangkara, Saka Wirakartika serta Orentasi Kamabides  berkaitan dengan program kepramukaan.

Sebelumnya, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Palas Zainuddin Hasibuan mengatakan, kepala desa yang telah resmi menjabat Kamabides harus mampu menunjukan jati diri sebagai pembimbing generasi penerus bangsa yang ulet dan berwawasan sebagai contoh yang memberikan motivasi bagi kemajuan perkembangan kehidupan dan pembangunan khususnya di daerah Kabupaten palas.

"Kamabides berperan penting memberikan kontribusi ditengah-tengah masyarakat dan selalu terlibat dengan berbagai program sosial dan budaya sehingga tercapainya gerakan perubahaan untuk mewujudkan Kabupaten Palas Bercahaya," pintanya kepada kepala desa se-Kabupaten Palas yang telah tergabung di dalam wadah pramuka.

Lebih lanjut Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Palas ini menegaskan, sebagai Kamabides Pramuka harus dapat menjadi tauladan bagi masyarakat dalam berbagai aspek untuk merubah mindnset masyarakat untuk ikut serta mendukung perkembangan kemajuan pembangunan di semua lini.

Dia juga menambahkan, pembinaan pendidikan di lingkungan masyarakat dan organisasi pramuka dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dalam sendi-sendi kehidupan dan pembangunan moral dan akhlak budi pekerti yang dilandasi pembangunan spritual, sehingga mampu berorentasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diimplementasikan membangun hubungan yang baik ditengah masyarakat.

"Harapan kita, ilmu yang didapat selama mengikuti orentasi dikembangkan dan berinovasi untuk pembinaan generasi muda yang berbakat dan energik di tingkat desa masing-masing. Karena Gerakan Pramuka memiliki andil penting untuk pembangunan kemajuan daerah, dengan segala program skala prioritas yang dapat memberikan motivasi," pungkasnya.