MEDAN-Kahiyang Ayu bersama sang suami Bobby Nasution tiba di kediaman Bobby di Kompleks BHR Tasbi, sekitar pukul 18.15 WIB, Minggu (19/11/2017). Turun dari mobil, kedua pengantin baru itu langsung disambut dengan iringan musik dari Gondang Tapak Dua.

Kahiyang mengenakan kebaya bewarna biru. Dia berada didepan Bobby, suaminya yang juga mengenakan kemeja berwana yang sama. Berjalan sekitar 50 meter, Kahiyang-Bobby dan rombongan masuk ke dalam rumah. Sebelum masuk, Kahiyang tampak menginjak batang pisang yang merupakan bagian dari adat Haroan Boru. Setelah itu, mereka masuk dan mengikuti serangkaian acara adat.

Sebelum Kahiyang dan Bobby tiba, sudah ada keluarga dan tetua adat di rumah Bobby. Begitu tiba, keduanya akan disambut oleh ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar.

Haroan Boru merupakan adat penyambutan Kahiyang, pertama kali sebagai istri Bobby, untuk berkunjung ke rumah orangtua Bobby.

Acara penyambutan kedua mempelai pengantin itu sangat kental dengan adat Mandailing. Meski sudah pernah datang ke kediaman keluarga Bobby, kedatangan Kahiyang kali ini bakal spesial.

“Pada 19 November adalah hari pertama Kahiyang Ayu sebagai istri Bobby berkunjung ke rumah mertuanya. Untuk menyambut kedatangan tersebut diadakanlah acara adat Haroan Boru,” kata Paman Bobby, Erwan Rozali Nasution, di Medan.

Dia mengungkapkan, penyambutan kedatangan putri semata wayang dari pasangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara lriana itu akan disambut langsung oleh ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar.

“Oleh lbu Ade Hanifah Siregar, Kahiyang Ayu dan Bobby dituntunnya masuk ke dalam rumah, kemudian didudukkan di tempat yang telah disediakan,” jelas Erwan.