MEDAN-Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu tiba di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) sekira pukul 19.30 WIB. Di kediaman orangtua Bobby ini, dilaksanakan prosesi adat Haroan Boru, menerima kedatangan pengantin wanita.

Begitu turun dari mobil sedan bewarna hitam, Kahiyang dan Bobby langsung disambut dengan musik tradisonal Mandailing. Kedua pasangan itu tampak mengenakan baju biru muda.

Kahiyang datang bersama keluarga besar dari Solo berjumlah sekitar 20 orang dan juga Paspampres. Sampai di depan pintu rumah, Kahiyang disambut Ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, dan kedua kakak Bobby, Poppy Dewinta Nasuiton dan Inge Amelia Nasution.

Seorang pengetua adat Mandailing bergelar Mangaraja Ihutan Soripada, Afifudin Lubis menjelaskan, keluarga yang menerima Kahiyang terdiri dari tiga komponen, Suhud selaku pemilik rumah termasuk paman Bobby Nasution.

“Kemudian anak boru atau ipar di rumah dan kahanggi, yakni sanak saudara Bobby yang kesemuanya bermarga Nasution,” kata Afifudin, Minggu (19/11).

Selain sanak saudara, pada acara tersebut juga banyak raja-raja pemangku adat Mandailing yang ikut menyambut Kahiyang dan Bobby. Namun ada satu raja yang dituakan yang akan memimpin sidang Haroan Boru hari ini yang disebut Raja Panusunan.

Bertindak sebagai Raja Panusunan yaitu Pandapotan Nasution yang bergelar Patuan Kumala Pandapotan, berasal Pidoli Lombang, Mandailing.

Sebelum masuk ke dalam rumah, Kahiyang Ayu menginjak berbagai jenis tumbuhan yang diletakkan di pintu rumah, antara lain batang pisang. Makna batang pisang dan tumbuhan lainnya merupakan perlambang keinginan agar kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa suasana kesejukan dan kedamaian. Karena itu, batang pisang dan tumbuhan lain yang diinjak Kahiyang itu disebut dengan istilah ‘dingin dingin.

Setelah menginjak ‘dingin dingin, Kahiyang Ayu dan Bobby dituntun oleh Ibunda Bobby masuk ke dalam rumah kemudian didudukkan di atas tikar adat atau Amak Lampisan yang berada di ruang tengah rumah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan baik yang disampaikan keluarga dari Solo maupun keluarga dari Medan. Inti kata sambutan keluarga yang ada di Medan ialah menyatakan kegembiraan serta mengucap syukur pernikahan di Solo telah berjalan dengan baik.

Rasa gembira juga menyelimuti keluarga karena pada hari tersebut Kahiyang Ayu sudah datang di rumah mertuanya, dan putri Presiden Jokowi tersebut sudah resmi menjadi bahagia dari keluarga besar Nasution.

Sesudah beberapa kata sambutan, kepada Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution disuguhkan beberapa jenis makanan adat seperti ‘Itak’, makanan terbuat dari tepung beras dan santan. Serta ada juga makanan khas Mandailing lainnya.

Acara Haroan Boru ditutup dengan mendengar kata pasu-pasu atau kata-kata yang mengandung restu yang disampaikan oleh pimpinan sidang yang disampaikan Raja Panusunan selalu pimpinan sidang.