MEDAN-Bobby Nasution bersama istirinya Kahiyang Ayu telah memasuki rumah kediaman kelurga Bobby Nasution di komplek Taman Setia Budi Indah.

Dengan lantunan onang-onang yang diiringi dengan pencaksilat, Kahiyang Ayu yang mengenakan kebaya biru toska berjalan bersama suaminya Bobby Nasution dengan tersenyum memasuki rumah yang sudah tertata indah yang di dalamnya sebuah pelaminan.

Di depan pintu Kahiyang menginjak beberapa tumbuhan termasuk batang pisang.

Selanjutnya, di dalam rumah, Kahiyang disambut dengan makanan trasdisional Mandailing bernama Itak. Makanan terbuat dari tepung beras dan dicetak dengan kepalan tangan. “Ini rangkaian Upah-upah Patujolo (permulaan). Itak ini disajikan dengan beras di tengah dan disiram santan. Maknanya, supaya memberikan kesejukan dan keeratan di rumah tangga kedua mempelai, ” jelas Nani Nurdin Lubis, selaku Anak Boru.

“Kami siapkan secara simbolik dua piring untuk Kahiyang dan Bobby. Keseluruhan kami siapkan 300 porsi,” ungkapnya.

Setelah pemberitan Itak, lanjut Nani, barulah dilanjutkan dengan upah-upah yang dilengkapi dengan ayam dan telur.

Resepsi Ngunduh Mantu itu terlhat diramaikan keluarga besar Bobby Nasution. Kedatangan Kahiyang Ayu disambut kesenian Mandailing Gunung Kelabu. Para tetua atau raja adat Mandailing sudah jauh-jauh hari mempersiapkan penyambutan Kahiyang Ayu di Medan.

Sebelumnya, dilakukan pertemuan dengan raja-raja adat. Gordang Dua yang sudah beraksi sejak pukul 15.45 WIB di dekat pintu masuk rumah keluarga Bobby.Mereka mengenakan seragam garis-garis merah hitam.

Pemilik Kesenian Mandailing Gondang 2, Bakti Lubis, bergelar Sutan Kumala Porang yang ditemui di lokasi menjelaskan ini maknanya penyambutan boru yang mau datang yaitu Kahiyang.

“Boru Diraja, harus dibuat dengan adat tradisional. Nanti juga selain gondang ada juga pencak silat. Kami akan mengantarkan pengantin sampai ke depan pintu rumah untuk prosesi selanjutnya, ” jelasnya.