MEDAN-Pesta adat acara ‘ngundu mantu’ Jokowi langsung digelar saat Muhammad Bobby Afif Nasution dan isterinya, Kahiyang Ayu tiba di Medan, Minggu, 19 November 2017.

Keduanya akan disambut di rumah kediaman Bobby yang berada di Kompleks Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbih).

Erwan Nasution, paman Bobby saat konferensi pers di Media Centre Resepsi Bobby – Kahiyang mengatakan, kedatangan mereka akan disambut adat Manglaloalo Boru dan Manyantan Boru.

“Di mana salah satu ritualnya meletakkan tumbuh-tumbuhan seperti daun pisang berada di depan pintu rumah Bobby. Keduanya nanti akan melewati daun itu. Maknanya agar hubungan mereka selalu sejuk dan dingin,” ujar Erwan yang juga adik dari almarhum Erwin Nasution, ayah Bobby.

Erwan menambahkan, pemberian marga Siregar nantinya dilakukan pada 21 November 2017. “Kita sama-sama mengetahui, Kahiyang adalah putri Jawa. Bobby putra Mandailing. Jadi nanti kami pihak marga Nasution ingin meminta kepada keluarga Siregar agar memberikan Kahiyang marga Siregar seperti marga ibunda Bobby,”tuturnya.

Setelah pemberian marga Siregar lalu dilanjutkan dengan pesta adat pada 24 November – 25 November 2017. “Banyak rangkaiannya, ada pemotongan pemotongan kerbau, membunyikan gordang, lalu manortor, sidang adat, manortor tahap dua, membawa pengantin ke tapian raya, mangupa. Lalu, pada 26 November 2017 resepsi umum,” jelasnya.

Ditambahkan Erwan juga pada acara ngundu mantu presiden Jokowi ini ada sekitar 100 lebih keluarga dari Solo yang turut menghadiri acara ngundu mantu Jokowi di Medan. “Sebagain mereka tiba pada 19 November 2017 bersama Bobby dan Kahiyang. Nanti mereka akan menginap di salah satu hotel,” ujarnya.

Erwan juga menjelaskan untuk pengamanan lalu lintas pihaknya sudah bekordinasi dengan Ditlantas Poldasu Sumut mengenai mekanisme pengaturan lalu lintas . “Sesuai instruksi Pak Jokowi, tidak ada yang jalan yang boleh ditutup untuk menjaga ketentraman,” ujarnya.

Sementara itu Wedding Organizer, Muhammad Ozzy dalam kesempatan yang sama mengatakan untuk teknis kegiatan ‘ngunduh mantu’ sudah hampir selesai, seperti pemasangan tenda dan lainnya , tinggal menunggu persiapan acaranya saja .“ Secara teknis pada 20 November seluruh persiapan sudah siap ,” ujarnya.