MEDAN – Sekretaris DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Irham Buana Nasution menjelaskan pihaknya akan menggelar rapat pleno terbatas untuk membahas sikap Bupati Langkat, H Ngogesa Sitepu yang mengundurkan diri dari bursa pencalonan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) di Pilkada serentak, 2018 mendatang, Senin (20/11/2017). “Direncanakan kita akan rapat pleni, Senin besok. Ya, untuk membahas dan menindaklanjuti permohonan Ketua DPD Golkar Sumut, Ngogesa Sitepu,” katanya, kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskan Irham, bahwa pengunduran diri Ngogesa Sitepu masih dilakukan secara lisan. Sementara, penetapan beliau menjadi Balon Wagubsu melalui mekanisme partai yakni rapat pleno.

“Maka, untuk membatalkannya juga melalui mekanisme partai juga. Tidak bisa secara lisan. Kemungkinan, Ngogesa sendiri yang akan menyampaikan secara langsung permohonan pengunduran dirinya kepada pengurus harian yang akan ikut rapat pleno terbatas itu,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irham menegaskan, sampai saat ini belum ada jadwal rapat untuk menentukan siapa sosok pengganti Ngogesa Sitepu.

“Belum ada kita bahas siapa yang menjadi penggantinya. Dalam waktu dekat, Bapak Idrus Marham selaku sekjen akan dengan seluruh pengurus DPD II untuk memberikan arahan pasca pengunduran Ngogesa. Namun, jadwalnya belum ditentukan. Tapi yang jelas dalam waktu dekat lah,” tandas mantan Ketua KPU Sumut tersebut.