MEDAN-Setelah mengantongi rekomendasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai bakal calon Gubernur–Wakil Gubernur Sumatera Utara di Pilgubsu 2018, Edy Rahmayadi – Musa Rajekshah (Edy–Ijeck) juga mendapat dukungan Partai Hanura dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sekretaris DPD Partai Hanura Sumut, Edison Sianturi mengatakan partainya sudah memutuskan mengusung Edy-Ijeck di Pilgubsu 2018. “SK nya sudah ditandatangani Ketua Umum Osman Sapta dan Sekjen Syarifuddin Suding. Tinggal penyerahan saja,” ungkapnya.

Edison mengatakan, kemungkinan besar penyerahan surat pengusungan itu akan dilakukan tepat di hari pelantikan DPD Partai Hanura Sumut yang direncanakan pada 23 November 2017. “Rencananya diserahkan di situ,” pungkasnya.

Sementara, Ketua DPW PAN Sumut, Yahdi Khair juga mengatakan hal senada. Dia mengaku PAN lebih condong mengusung Edy-Ijeck. “Kami cenderung ke Edy – Ijeck,” katanya, meskipun PAN sendiri belum menerbitkan surat keputusan resmi.

Untuk diketahui PKS memiliki 9 kursi, Hanura 10 kursi, PAN 6 kursi di DPRD Sumut. Dukungan ketiga partai politik itu sudah bisa memenuhi syarat minimal dukungan untuk bisa mendaftar ke KPU.

Jika Partai Gerindra juga ke Edy – Ijeck, maka duet senior – junior ini akan mengantongi 38 kursi sebab partai besutan Prabowo Subianto ini memiliki 13 kursi di DPRD Sumut. Sementara syarat yang dibutuhkan hanya 20 kursi.