LABUHANBATU - Sebanyak 1.768 peserta putra-putri Gugus Depan Pramuka mengikuti Perkemahan Penggalang Ramu tingkat SD-MI ke-I tahun 2017 di lapangan bola kaki SDN No 116240 Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat-Minggu (17-19/11/2017), diikuti peserta yang berasal dari 90 Gugus Depan serta 180 Pembina Pendamping dari 9 Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu.

Ketua Kwarcab Pramuka Labuhanbatu, Hj Siti Awal Siregar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Waka Bina Muda, H Sarimpunan mengatakan, pertemuan akbar sekaligus sarana silaturahmi ini mengangkat tema menempa karakter generasi muda sejak dini, menuju generasi beriman, tangguh, mandiri dan kreatif.

Guna mewujudkan tema, sebutnya, memang harus melibatkan semua pihak termasuk orangtua dan masyarakat secara berkesinambungan dan saling menguatkan untuk kepentingan strategis.

"Maka saya memprioritaskan kegiatan Penggalang Ramu dengan semboyan santun, ceria dan akrab patut digaungkan dengan santun menjadi idaman kita semua," sebutnya.

Kepada peserta, dirinya mengingatkan, agar selalu menjunjung tinggi sportifitas dan menanamkan prinsip dasar dan metode.

"Tropi memang menjadi target, tetapi semua harus menjadikan kompetisi itu ajang memupuk solidaritas dan rasa sportivitas yang tinggi," tegasnya.

Perkemahan bersama ini memiliki target yakni meningkatkan citra pramuka di masyarakat, pengembangan kecerdasan spiritual, pengembangan kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, kecerdasan intelektual dan kecerdasan fisik maupun kinestetik.

"Kepada orangtua siswa diucapkan terima kasih karena mengizinkan anaknya mengikuti perkemahan. Selain itu, (terimakasih juga) kepada Kamabigus, Pembina Pendamping serta semua pihak yang memberi dukungan," terang Hj Siti Awal melalui Sarimpunan.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Marianto melaporkan, Perkemahan Penggalang Ramu ke-I tingkat SD-MI tahun 2017 yang diikuti 90 Gudep dengan peserta putra sebanyak 927 orang, 841 putri dan 180 Pembina Pendamping.

Terpisah, Ketua Komite SDN No. 112209 Kecamatan Panai Hulu, Gudep 07.013-07.014, Fendry Nababan memberikan apresiasi kepada Kwarcab Pramuka Labuhanbatu yang pertama kalinya melaksanakan kegiatan perkemahan bersama.

"Kami sangat mendukung, ini langkah pertama yang sangat baik dan itu dapat dilihat dari banyaknya peserta. Mudah-mudahan ke depan Pramuka Labuhanbatu semakin jaya dan lebih sukses hingga gebyarnya sampai keluar daerah," harapnya.