MEDAN - Tim mobil irit Institut Teknologi Medan (ITM) meraih Juara III kelas prototype bahan bakar diesel dan peringkat 10 di kelas ICE (campuran), pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 yang digelar Kemenristekdikti di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya baru-baru ini. Dalam kontes tersebut, ITM mengirim 5 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing di antaranya Arif Affandi (manager tim), Wawan Wibowo (driver) dan Reza Roynaldo, Nurhakim Sunanda, Mahadi Meliala (mekanik), serta Mahyunis (dosen pembimbing).

Mahyunis kepada wartawan mengatakan, ITM merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Pulau Sumatera yang berhasil lolos ke tingkat nasional. Dari jumlah peserta keseluruhan yang memenuhi kualifikasi adalah 80 tim dari 43 perguruan tinggi di Indonesia.

“Prestasi yang diraih kampus ITM ini merupakan peningkatan prestasi dari yang sebelumnya (peringkat 12). Dengan begitu, ini menandakan bahwa perkembangan mobil irit di kampus ITM sudah semakin baik. Atas prestasi yang diraih tersebut ITM dapat mengirimkan timnya ke kejuaraan yang lebih tinggi lagi yaitu kejuaraan dunia,” ungkapnya di ruang Biro Rektor ITM, Kamis (16/11/2017).

Diutarakan dia, saat ini ITM juga sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan internasional yaitu Shell Eco-Marathon Asia 2018. “Di kejuaraan ini ITM akan turun pada kelas bahan bakar alternatif urban concept,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Kontes Mobil Hemat Energi merupakan sebuah lomba mobil irit tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. KMHE yang populer dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) diselenggarakan setiap tahun, dimulai pada tahun 2012 sampai saat ini.

Pada tahun 2012 sampai tahun 2014 acara ini dilaksanakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November di Sirkuit Kenjaren Surabaya.

Untuk tahun 2015, acara ini dilaksanakan oleh Universitas Brawijaya di Sirkuit Kanjuruhan Malang sedangkan tahun 2016 dilaksanakan oleh Universitas Gajah Mada di Jalur Kendaraan Taman Wisata Candi Prambanan, Yogyakarta. Pada tahun 2017, KMHE dilaksanakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Sirkuit Kenjeran Surabaya.