JAKARTA - Kompetisi Sepak bola Liga 3 Nasional akhirnya siap digelar yang diawali dengan babak playoff pada tanggal 26 – 29 November 2017. Pada babak ini sebanyak 24 tim akan bersaing untuk memperebutkan delapan tiket. Mereka akan dibagi dalam delapan grup dan hanya juara grup yang berhak lolos untuk melengkapi 32 tim yang akan bersaing di putaran final.

Babak putaran final rencananya akan dilangsungkan pada tanggal 3-17 Desember mendatang, dimana 32 tim akan bertarung dalam format menyerupai piala dunia yang terbagi dalam 8 grup yang menggunakan 4 stadion.

Setelah babak grup berakhir, juara dan peringkat kedua grup akan kembali bertarung di babak gugur dari perempat final hingga final.

Pada Liga 3 tahun ini PSSI menunjukkan apresiasi kepada asosiasi provinsi yang meningkatkan aspek penyelenggaraan dan pengembangan sepakbola di provinsi masing-masing.

Bentuk apresiasinya berupa jatah proporsional dalam variable langsung mengikuti putaran final Liga 3 atau harus mengikuti babak play-off. Jawa Timur mendapatkan apresiasi tertinggi dengan 4 tim yang langsung mengikuti putaran final.

Kompetisi amatir tertinggi di Indonesia akan menarik karena bakal menyuguhkan banyak kejutan yang terjadi mengingat seluruh tim yang hadir merupakan tim terbaik dari kompetisi daerah masing-masing. Regulasi pemain juga diatur dengan memasang pemain usia di bawah 25 tahun, plus lima pemain maksimal berusia 30 tahun, sehingga membuat persaingan lebih merata. Liga 3 sebelumnya diadakan tahun 2014 dengan nama Liga Nusantara dan Persatu Tuban keluar sebagai juaranya.

Sebagai penanda dimulainya Liga 3, dilakukan pengundian grup untuk babak play-off dan putaran final Liga 3 digelar Selasa 14 November 2017 secara terbuka disaksikan oleh perwakilan tim, media, dan jajaran PSSI dan ditayangkan langsung melalui website PSSI dan Visualtv.live.

Pertandingan Liga 3 akan digelar dilangsungkan di empat Stadion di wilayah Jawa Tengah, yakni Stadion Citarum Semarang, Stadion Kebondalem Kendal, Stadion Wergu Wetan Kudus dan Stadion Bumi Kartini Jepara.

Berikut Pembagian Grup Liga 3 2017

Babak Playoff

Grup 1 Stadion Citarum Semarang 1A : Peraibeng Bengkayang 1B : PS. Matra Mamuju Utara 1C : Belitung Timur FC

Grup 2

2A : PS. Benteng 2B : Aceh United 2C : Pelaw Putra

Grup 3 Stadion Kebon Dalam Kendal 3A : Patriot Candrabhaga 3B : PS Pessel Sumatera Barat 3C : Gajah Mada FC

Grup 4

4A : Persidago Gorontalo 4B : Persitangsel Tangerang 4C : Persegumas Kalteng

Grup 5

Stadion Wergu Wetan Kudus 5A : Persipal Palu 5B : Peraiter Ternate 5C : PS. Balangan Kalsel

Grup 6

6A : Persintan Intan Jaya 6B : PS Buntan Kepri 6C : PSKT Sumbawa Barat

Grup 7

Stadion Bumi Kartini Jepara 7A : Persekaba Bali 7B : Sakai Sambayan Lampung FC 7C : Persijam Jambi

Grup 8

8A : PS. Bintang Kranggan 8B : Persimura Sumatera Selatan 8C : PS. Keluarga USU Medan

Putaran Final

Grup A

Stadion Citarum Semarang A1 : PSDS Deli Serdang A2 : Kuala Nangroe Aceh A3 : Persewar Waropen A4 : Juara Play off Grup 1

Grup B

B1 : PSKC Cimahi B2 : Perseban Banjarmasin B3 : Persibo Bojonegoro B4 : Juara Play off Grup 2

Grup C

Stadion Kebon Dalam Kendal C1 : Maung Anom FC Bandung C2 : Persik Kendal C3 : Villa 2000 B Jakarta C4 : Juara Play off Grup 3

Grup D

D1 : Deltras Sidoarjo D2 : Batang Anai FC Sumbar D3 : Persebit Bitung Sulut D4 : Juara Play off Grup 4

Grup E

Stadion Wergu Wetan Kudus E1 : Bank Sulut Manado E2 : PS AD Balikpapan E3 : Persse Ende E4 : Juara Play off Grup 5

Grup F F1 : Nabil FC Riau F2 : Persilat Lampung Tengah F3 : Satria Adikarta Kulonprogo F4 : Juara Play off Grup 6

Grup G Stadion Bumi Kartini Jepara G1 : Persidrap Sidrap Sulsel G2 : Pelangi Intimung Kaltara G3 : Persekabpas Pasuruan G4 : Juara Play off Grup 7

Grup H

H1 : Persis Gotong Royong Solo H2 : Bangka Selection H3 : Blitar United FC H4 : Juara Play off Grup 8. ***