JAKARTA - Dalam rangka menggelorakan gaung menuju Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang akan bergulir sembilan bulan lagi, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), melalui koordinator Media and Public Relations, menggelar Pameran Foto bertemakan "Indonesian Sport Heroes" di Mall Ciputra, Jakarta, Senin (13/11/2017) sore.

Pameran hasil karya para jurnalis foto olahraga nasional secara resmi dibuka Menpora Imam Nahrawi yang didampingi Sekjen INASGOC, Eris Herryanto dan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta.

Hadir dalam pembukaan itu para legenda olahragawan Indonesia, seperti pelatih tenis Sugiarto Sutarjo, mantan atlet Retno Kustiyah, Lita Sugiarto, Imelda Wiguna, Taufik Hidayat.

Dalam sambutannya, Eris Herryanto menyatakan pameran foto ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat dan dukungan dari masyarakat terhadap penyelengaraan Asian Games 2018, sekaligus meningkatkan awareness kepada masyarakat bahwa Asian Games 2018 adalah kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah.

"Momen ini terasa lengkap karena bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, sekaligus kita mengenang dan mengetahui catatan sejarah perjuangan para pahlawan olahraga dalam mengibarkan bendera Merah Putih di negara lain," ujarnya.

"Sesuatu kehormatan yang hanya bisa disaingi ketika Presiden kita menjadi tamu kehormatan di negara lain. Dengan pameran ini, saya berharap masyarakat akan tergugah, memberikan dukungan, dan ingin menjadi saksi pesta olahraga bangsa Asia di negeri sendiri. Terutama setelah melihat kilas balik para pahlawan olahraga kita, baik yang pernah berjuang di Asian Games 1962 dan yang akan bertanding di Asian Games 2018," paparnya.

Saat membuka pameran, Menpora menyatakan bahwa mempublikasikan seluruh kegiatan atlet Indonesia punya tujuan untuk menularkan semangat.

"Ini adalah momentum yang bertujuan menggerakkan semangat kita semua bahwa prestasi tidak diraih dengan instan melainkan dengan penuh pengorbanan, penuh perjuangan dan dedikasi yang tanpa henti," ujarnya.

Melalui pameran foto ini Menpora menekankan bahwa sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi dan sukses ekonomi Asian Games 2018 adalah tanggungjawab seluruh bangsa Indonesia.

Selain pameran foto even yang digelar hingga 19 November ini juga menampilkan talkshow, meet & great para olimpian Indonesia dan pelatih peraih medali pada Olimpiade dan Asian Games dari tahun 1962 hingga 2014. ***