MEDAN-Pilkada 2018 di Sumatera Utara tak hanya berisi agenda pemilihan Gubernur Sumatera Utara, ttapi juga pemilihan Bupati. Terdapat 8 pemilihan bupati/walikota di Sumut pada Pilkada tahun depan.

Itu sebabnya Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tak hanya mengumumkan dukungannya kepada Erry Nuradi sebagai calon Gubsu untuk periode kedua pada acara deklarasi yang berlangsung di Lapangan Merdeka Medan tetapi juga beberapa bakal calon (balon) kandidat bupati/walikota beserta wakilnya.

Dibacakan Sekretaris DPW Nasdem Sumut Iskandar, berikut ini nama-nama balon bupati di sejumlah daerah yang mendapat rekomendasi dari DPP Nasdem.

Calon Bupati Deli Serdang: Anshari Tambunan.

Calon Bupati Dairi beserta wakil: Bukit Tambunan dan Anwar Tarigan.

Calon Bupati Batubara: Hari Nugroho.

Calon Bupati Langkat beserta wakil: Rudi Hartono Bangun dan Mudyono.

Calon Bupati Padang Lawas Utara beserta wakil: Andar Amin Harahap dan Ario Harahap.

Disebutkan, para balon tersebut diperintahkan untuk menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya guna memenuhi syarat pencalonan sebagai kepala daerah seperti yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selambat-lambatnya hasil komunikasi tersebut sudah disampaikan ke DPP 14 hari sebelum dibukanya pendaftaran pasangan calon oleh KPU.

Selanjutnya setelah dibacakan, kepada masing-masing bakal calon, Erry Nuradi sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sumut menyerahkan bendera pataka.

Dengan diperolehnya dukungan dari Nasdem, beberapa bakal calon, seperti Anshari Tambunan di Deli Serdang dan Bukit Tambunan di Dairi kian besar kansnya untuk lolos menjadi calon dan bahkan memenangkan. Pilkada. Sebelumnya Golkar sudah menyatakan dukungannya kepada Anshari. Sementara Bukit, belum lama ini PDI Perjuangan menyatakan secara resmi akan mengusungnya.

"Dengan dukungan beberapa partai berikut pengalaman saya bertahun-tahun sebagai birokrat plus wakil saya yang merupakan pengusaha, pasti kami bisa memenangkan Pilkada nanti," kata Bukit seusai acara deklarasi.