MEDAN - Desainer terkenal Anne Avantie memotivasi 300 pengrajin Usaha Kecil Menengah (UKM), Senin (13/11/2017) di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jalan Sudirman Medan. Dalam kegiatan tersebut, Anne menceritakan kisah inspiratifnya yang sudah 28 tahun berkarya di bidang fashion design.

Meski hanya tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) namun, ibu empat anak itu berhasil menjadi salah satu desainer atau perancang busana kebaya papan atas di Indonesia.

"Kunci utama dari kesuksesan yang diraih saat ini adalah percaya diri akan talenta dan bakat yang dimiliki," sebut Anne.

Tidak hanya berbicara tentang kesuksesan yang diraihnya saat ini, Anne juga mencerita masa lalunya yang penuh kepahitan. Kepahitan hidup itu memotivasinya untuk bangkit dan meraih kesuksesan sampai saat ini.

Selain bakat, juga harus didukung dengan inovasi dan rasa percaya diri serta tidak pernah iri terhadap orang lain.

"Jika kita memiliki produk yang sama dengan orang lain, kita harus berusaha untuk lebih kreatif serta produk yang kita hasilkan harus memiliki ciri khas tersendiri. Yang lebih peting lagi, kita jangan pernah pesimis, sebab rezeki itu sudah diatur Tuhan. Ingat, rezeki kita tidak pernah tertukar dengan orang lain,” papar Anne.

Anne juga memberikan tips agar menyadari karunia yang diberikan Tuhan cukup besar. Kemudian tidak pernah iri dengan kesuksessan orang lain dan selalu intropeksi diri.

“Yang lebih penting lagi, kurangi persoalan-persoalan baik dalam rumah tangga maupun luar rumah sehingga ide kreatif bisa dieksplor. Serta terus kembangkan bakat yang dimiliki,” pesannya dan berharap kisahnya dapat menjadi inspirasi sekaligus motivasi sehingga pelaku UMKM lebih maju dan berkembang.